Pemanfaatan Alat Peraga IPS Menggunakan Metode Discovery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan

Putri Hania, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah awal dari identifikasi permasalahan untuk mengetahui pengaruh alat peraga pada pembelajaran IPS kelas IV dan perubahan menggunakan metode discovery yang sebelumnya menggunakan metode ceramah pada siswa kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan. Peningkatan motivasi belajar dianalisis melalui beberapa tahapan dalam siklus-siklus tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS menggunakan alat peraga dengan metode discovery dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan. Pembelajaran IPS senantiasa berkaitan dengan hal yang nyata, melalui alat peraga siswa dapat lebih mengerti dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, penggunakan metode Discovery sangat membantu dalam penyampaian alat peraga untuk pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Mlajah 1 Bangkalan.

 

Kata kunci: Alat Peraga, Metode Discovery, Motivasi Belajar.

 

 

ABSTRACT

This research is the beginning of problem identification to find out aids on social studies learning in class IV and change using the discovery method that previously used the lecture method in fourth grade students of SDN Mlajah 1 Bangkalan. Increased learning motivation is analyzed through several stages in the action cycles. Data collection methods used are the method of observation, questionnaires, interviews, and documentation. Based on the results of the study it can be concluded that social studies learning using teaching aids with the discovery method can increase student motivation in class IV SDN Mlajah 1 Bangkalan. Social studies learning is always related to the real thing, through teaching aids students can better understand and can increase learning motivation. Therefore, using the Discovery method is very helpful in the delivery of teaching aids for social studies learning in fourth grade students of SDN Mlajah 1 Bangkalan.

 

Keywords: Teaching Aid, Discovery Method, Learning Motivation

 


Full Text:

PDF

References


Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta

uliawan, J.U. (2010). Penelitian tindakan kelas (classrom action research). Yogyakarta: Gava Media

Moleong, L. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.