Inovasi Mengajar yang Efektif melalui Pembelajaran Daring

Nurul Isfatiyah, Zairor Risky Khanifah, Syraifah Tri Suciati, Izzah Lintang Masyithoh, Khoirul Umam

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan teknologi khususnya internet saat ini mempengaruhi berberapa aspek kehidupan, salah satunya pendidikan.Salah satu pemanfaatan internet di dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran jarak jauh (pembelajaran daring) atau distance learning. Adapun media yang digunakan seperti; whatshapp, zoom, google classroom, scholoogydll. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka melalui platform yang telah tersedia.Pembelajaran secara daring dianggap menjadi solusi kegiatan belajar mengajar tetap jalan di tengah pandemi corona.Meski telah disepakati, cara ini menuai kontroversi. Bagi tenaga pengajar, sistem pembelajaran daring hanya efektif untuk penugasan. Mereka menganggap untuk membuat siswa memahami materi, cara daring dinilai sulit. Inovasi pembelajaran merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media daring. Guru dapat melakukan pembelajaran menggunakan metode E-Learning, yaitu pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi (TI) dan komunikasi. Dengan menggunakan sistem daring, siswa tetap belajar dan mengasah kemampuan akademik maupun non akademik. Didukung kerja kreatif para guru, siswa tetap memperoleh pendidikan yang tepat meski dalam keterbatasan ruang. Kreativitas guru dalam menyajikan kegiatan belajar terus mendukung perkembangan dan menstimulus kecerdasan siswa. Seperti memberikan tugas sesuai dengan tema belajar yang sedianya sudah dirancang Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi mengajar yang efektif di SDN Banyuajuh 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, instrument yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakuakan secara langsung kepada guru setelah proses belajar mengajar dan untuk pembagian angket dibagikan kepada siswa kelas 3 dan 4. Hasil penelitian ini yang diambil dari hasil wawancara guru untuk mengetahui bagaimana inovasi mengajar yang efektif.

 

Kata kunci: Pembelajaran daring, Inovasi pembelajaran

 

 

ABSTRACT

Technological developments, especially the internet today, affect several aspects of life, one of which is education. One of the uses of the internet in the world of education is distance learning (online learning) or distance learning. As for the media used, such as; whatshapp, zoom, google classroom, scholoogll, etc. Online learning is learning that is done without face to face through platforms that have been available. Online learning is considered to be a solution to teaching and learning activities continue in the middle of the corona pandemic. Although it has been agreed, this method reaps controversy. For teachers, online learning systems are only effective for assignments. They consider to make students understand the material, the way online is considered difficult. Learning innovations are solutions that need to be designed and implemented by teachers by maximizing online media. Teachers can do learning using the E-Learning method, which is learning utilizing information technology (IT) and communication. By using an online system, students continue to learn and hone academic and non-academic abilities. Supported by the creative work of the teachers, students still get the right education despite the limited space. The teacher's creativity in presenting learning activities continues to support the development and stimulation of student intelligence. Like giving assignments in accordance with the learning theme that was originally designed. The purpose of this study is to find out effective teaching innovations at SDN Banyuajuh 1. The research method used is a qualitative method, the instrument used is documentation and interviews. Interviews were conducted directly to the teacher after the learning process and for the distribution of questionnaires were distributed to students in grades 3 and 4. The results of this study were drawn from the results of the teacher's interview to find out how effective teaching innovations.

 

Keywords: Online Learning, Learning Innovation


Full Text:

PDF

References


Ahmad, R. (2004). Pengolahan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dalyono, M. (2010). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Danie, G. (1995). Emoticional Inttelegence. Jakarta: Gramedia Utama

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Firda, L., Utama, I. D. G. B., Wisudariani, N. M. R., Bahasa, J., & Indonesia, S. (2019). Pemanfaatan portal / web e-learning pada mata pelajaran bahasa indonesia di sma negeri 4 singaraja. 9, 13–22.

Hadi, A. S. (2005). Pengelolahan Kelas. Surakarta: UNS Press

Kay, William. (1975). A Moral Education. London: George Allen and Unwin

Mardalis. (1999). Metode Penelitihan Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: Bumi Aksara

Minanti Tirta Yanti, dkk. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.Volume. 5, Nomor 1 April 2020

M. Subana dan Sudrajat. (2009). Statistik Pendidikan. Bandung:Pustaka Setia.

Ngalimun. (2004). Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sandi, P. A. (2019). Pedoman pemanfaatan portal rumah belajar “strategi pembelajaran berbasis TIK memanfaatkan rumah belajar.” 75.

Sugiyono. (2018). Metode PenelitianKuantitatif,Kualitatif,danR&D, Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.