Identifikasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Model Discovery Learning Siswa Kelas III
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar bahasa Indonesia menggunakan model discovery learning siswa kelas III SDN Socah 2. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana menggunakan instrument wawancara, observasi serta tes hasil belajar. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas III, observasi dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung, dan tes hasil dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 orang siswa kelas III SDN Socah 2. Berdasarkan hasil penelitian wawancara dan observasi menunjukan bahwa metode ceramah membuat siswa kurang memahami materi, kurangnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran serta kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 10 siswa yang hasil belajarnya rendah karena tidak paham ketika guru menyampaikan materi. Simpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang masih rendah dengan presentase siswa tuntas 53,04% dengan KKM ≥ 60.
Kata kunci: Discovery learning, hasil belajar
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the learning outcomes of Indonesian language using the Discovery learning model of third grade students at SDN Socah 2. The method used was descriptive qualitative where the instruments were interviews, observation and learning achievement tests. Researchers conducted interviews with third grade teachers, observations were made during the learning process, and tests were carried out to determine the extent of students' abilities in working on problems. The sample in this study were 21 students of class III SDN Socah 2. Based on the results of research interviews and observations showed that the lecture method makes students not understand the material, the lack of student activity in the learning process and the lack of use of learning media in the learning process so as to cause student learning outcomes low. The results of this study indicate there are 10 students whose learning outcomes are low because they do not understand when the teacher submits the material. The conclusions in this study are the results of learning Indonesian students are still low with a percentage of students completing 53.04% with KKM ≥ 60.
Keywords: Discovery Learning, Learning Outcome
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A. & Johan S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi. CV.Jejak
Fahrurrozi & Syukron H. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press
Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran Dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sagala, Syaiful. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Syahputra. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.