Analisis Pemahaman Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Bancaran 4 Bangkalan

Nur Toyyibah, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam identifikasi pemahaman yang dihadapi oleh siswa dalam mata pelajaran Matematika kelas II SDN Bancaran 4 Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman matematika siswa dan pengaruhnya pada hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dimana instrumen yang digunakan adalah wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar (kognitif) dengan KKM 65. Wawancara dan observasi dilakukan sebelum pelaksanaan tindakan untuk mengamati pelaksanaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada waktu pembelajaran. Sampel dari penelitian ini adalah 23 sisiwa kelas II SDN Bancaran 4 Bangkalan. Hasil dari penelitian ini adalah hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum memahami konsep matematika yang disampaikan oleh guru. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran yang yang diterapkan membuat siswa cenderung lebih pasif dan hanya fokus dalam memperhatikan penjelasan guru serta buku pegangan siswa. Berdasarkan catatan guru mengenai hasil belajar matematika siswa menunjukkan hasil yang kurang maksimal yaitu persentase ketuntasan nilai 22% siswa yang mendapat nilai diatas KKM.

 

Kata Kunci: Pemahaman Matematika, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary study in identifying the understanding faced by students in Mathematics subject class II SDN Bancaran 4 Bangkalan. The purpose of this study is to describe students' mathematical understanding and its influence on learning outcomes. This research method uses descriptive qualitative where the instruments used are interviews, observation sheets, documentation, and learning outcomes tests (cognitive) with KKM 65. Interviews and observations are carried out before implementing the action to observe the implementation of the learning model conducted by the teacher during the learning time. The sample of this study was 23 students of Class II SDN Bancaran 4 Bangkalan. The results of this study are the results of interviews showing that most students do not understand the mathematical concepts conveyed by the teacher. Observation results show that the learning that is applied makes students tend to be more passive and only focus on paying attention to the teacher's explanation and student handbook. Based on the teacher's notes regarding student learning outcomes mathematics shows less than the maximum results of the percentage completeness of the value of 22% of students who scored above the KKM.

 

Keywords: Mathematics Understanding, Learning Outcome


Full Text:

PDF

References


Fauzia A. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal primary, 7(1).

Nardi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh Manusia Melalui Model CTL Kelas IV SD.Jurnal pendidikan guru sekolah dasar edisi 9 tahun ke-6.

Kristin F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal pendidikan dasar, 2(1).

Syahril E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Jakarta: haura publishing.

Syahril & Zelhendri Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Tajo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.