Analisis Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA SDN Banyuajuh 06

Mita Puspita, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui studi awal dalam identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas VI SDN Banyuajuh 06 dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara dan nilai hasil belajar (kognitif). Angket, wawancara di lakukan untuk mengetahui seberapa minat siswa terhadap media audio visual dan wawancara di lakukan kepada guru kelas, nilai hasil belajar berupa kognitif dengan KKM 75. Sampel dari penelitian ini adalah 27 siswa kelas VI SDN Banyuajuh 06. Hasil dari penelitian ini adalah hasil angket dan wawancara menunjukkan bahwa media audio visual membuat siswa lebih banyak memahami materi yang di sampaikan oleh guru di bandingkan menggunakan metode ceramah. Penerapan media audo visual memiliki pengaruh yang baik terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai ketuntasan di atas KKM (56%) , tetapi juga ada satu ataupun dua siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.

 

Kata Kunci : Media audio visual, hasil belajar ,IPA

 

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to find out initial study in identifying the problem faced by class VI SDN Banyuajuh VI in science learning. The research method uses qualitative research wherein the instruments used are questionnaires, interviews and the value of learning outcomes (cognitive). Questionnaire, interviews were conducted to find out how interested students are in audio-visual media and interviews were conducted with class teachers, the value of learning outcomes in the form of cognitive with KKM 75. The sample of this study was 27 students of class VI SDN Banyuajuh 06. The results of this study were the results of questionnaires and interviews show that audio-visual media makes students understand more the material being lectured. The application of audi visual media has a good influence on students' cognitive learning outcomes with completeness scores above the KKM (56%), but there are also one or two students who score below the KKM.

 Keywords : Audio Visual Media, Learning Outcome, Science Subject (IPA)

 


Full Text:

PDF

References


Busyaeri, A., T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Mapel ipa Di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3(1).

Hasanudin, Cahyo. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan. Yogyakarta: Depublish publisher.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127-144

Sugiyono. (2009). Statistika Penelitian. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.