Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 1 SD

Maryatun Maryatun, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Keleyan 4. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Keleyan 4. Pengumpulan data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dalam mata pelajaran matematika sudah dilaksanakan dengan benar dan baik. Model STAD memiliki 6 langkah yaitu: Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa dalam bentuk kelompok, membimbing kelompok kerja dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Dampak dari pembelajaran ini dapat dilihat saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu dengan melihat antara guru dan siswa sudah menerapkan 6 langkah model pembelajaran tersebut dengan benar, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik, interaksi antara siswa dan guru atau siswa dengan siswa juga terlihat baik dan siswa dapat berinteraksi secara berkelompok.

 

Kata kunci: Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Pembelajaran Matematika

 

 

ABSTRACT

This research is a qualitative research. This study aims to analyze the determination of the Student Teams Achievement Division (STAD) model. The background that drives this research is all student in class 1 SD Keleyan 4. The research method in this research is descriptive research. The subject of this study were student in class 1 SDN Keleyan 4. Data collection obtained in this study were observation, interview, and documentation.  The results of this study indicate that the application of the STAD learning model in mathematics has been implemented properly and well. STAD learning model has 6 steps: conveys goals and motivates student, organizes student in group, guides work and study groups, evaluates and rewards. The impact of this learning can be seen when the learning process takes place, namely by seeing between the teacher and student and have implemented the 6 steps of the learning model correctly, so that the learning process goes well, the interaction between student with student also looks good and student can interact in groups.

 

Keywords: Student Teams Achievement Division (STAD) Learning Model, Mathematics Learning


Full Text:

PDF

References


Aulia Marzi, Mutiara. (2019). Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa kelas V SD. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, 2, 2614-1620

Handayani Suci, 2019. Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Ponorogo: uwais Inspirasi Indonesia.

Mariyaningsih Nining, Hidayati M, 2018. Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif. Surakarta: CV Oase GroupSurya,

Y.F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar.Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) 38-53.

Rival Samsiar, Nalole Martianty (2013). Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolange. Jurnal Penelitian Kualitatif.

Wage Israeni, (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar kelas 1 SDN 2 Tolitoli pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan sampai 20 dalam Bentuk Soal Cerita. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol 4, 2354-614X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.