Identifikasi Masalah Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan

Laili Dwi Hidayanti, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam identifikasi pemahaman yang dihadapi oleh siswa dalam mata pelajaran Matematika kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman matematika siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif yaitu instrumen yang digunakan yaitu wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar (kognitif) dengan KKM 62. Wawancara dan observasi dilakukan sebelum melakukan tindakan sebagai pengamatan kegiatan belajar dan model yang digunakan oleh guru. Sampel pada penelitian ini adalah 26 siswa kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan. Hasil penelitian ini aitu hasil wawancara yaitu  ada sebagian siswa yang masih belum memahami konsep matematika. Hasil observasi yang didapat yaitu pembelajaran yang diterapkan oleh guru cenderung tidak aktif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Berdasarkan catatan guu terkait hasil belajar matematika memperlihatkan hasil yang masih kurang maksimal dengan presentase nilai 15,38% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pemahaman Matematika

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary study in identifying the understanding faced by students in Mathematics subject class III SDN Bancaran 4 Bangkalan. The purpose of this study is to describe students' mathematical understanding and impact on learning outcomes. This type of research uses descriptive quantitative research that is the instruments used are interviews, observation sheets, documentation, and learning outcomes tests (cognitive) with KKM 62. Interviews and observations are carried out before taking action as observations of learning activities and learning models used by teachers. The sample of this study was 26 students in class III SDN Bancaran 4 Bangkalan. The results of this study are the results that most students still do not understand mathematical concepts. Observation results obtained are the learning implemented by the teacher makes students tend to be inactive and only listen to the explanation from the teacher. Based on the teacher's notes related to mathematics learning outcomes of students showed results that are still less than the maximum with the percentage of completeness value of 15,38% of students who scored above the KKM.

 

Keywords: Learning Outcome, Mathematics Understanding


Full Text:

PDF

References


Anshori M. & Iswati S. (2017). Metodologi Penelitian Kuamtitatif. Surabaya: AUP.

Fauzia A. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal primary, 7(1).

Metta A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal Pendidikan, 3(2): 134-140.

Nardi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh Manusia Melalui Model CTL Kelas IV SD.Jurnal pendidikan guru sekolah dasar edisi 9 tahun ke-6.

Kristin Firosalita. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal pendidikan dasar, 2(1).

Syahril Edy. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Jakarta: haura publishing.

Syahril & Zelhendri Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: KENCANA.

Tajo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3X Baca. Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.