Analisis Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 UPTD Keleyan 4

Fajrina Zulfa Darumiarsi, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 UPTD Keleyan 4, dan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 UPTD Keleyan 4. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 UPTD Keleyan 4 yang berjumlah 27 orang siswa dengan 13 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah ada 16 orang siswa yang tidak faham dengan materi Bahasa Indonesia yang telah guru sampaikan. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 3 UPTD Keleyan 4. Faktor internalnya adalah motivasi dalam diri siswa dan minat belajar siswa, sedangkan faktor eksternalnya adalah metode yang digunakan guru kurang bervariatif dan tidak inovatif, guru hanya menggunakan metode ceramah dan guru belum menggunakan media pembalajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 3 UPTD Keleyan 4 masih kesulitan dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: Kesulitan belajar, Bahasa Indonesia

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe the learning difficulties of Indonesian Language class 3 UPTD Keleyan 4, and to find out the factors that cause learning difficulties in Indonesian Language class 3 UPTD Keleyan 4. This research method uses descriptive qualitative where the instruments used is observation, interview, questionnaire, and documentation. The subjects in this study were all students of class 3 UPTD Keleyan 4, amounting to 27 students with 13 male students and 14 female students. The results of this study were 16 students who did not understand the Indonesian language material that the teacher had conveyed. There are internal factors and external factors that cause difficulties in learning Indonesian students in grade 3 UPTD Keleyan 4. Internal factors are motivation in students and students' interest in learning, while external factors are the methods used by teachers who are less varied and not innovative, teachers only use lecture methods and the teacher has not used the learning media. Based on these results, it can be concluded that grade 3 students of Keleyan 4 UPTD still have difficulties in learning Indonesian language lessons.

 

Keywords: Learning difficulties, Indonesian language

 


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bogdan, Robert C, (1982). Qualitative Research for Education. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Djamarah, S.B. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas, 2008. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Habiburrahman, (2006). Diagnosis kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidi Dalam Pendidikan IPA. Jakarta: Depdikbud.

Mardhatillah, (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK pada Materi Teks Narasi di SDN 106161 Laut Dendang. Jurnal Bina Gogik, 2(2): 15-22.

Mardhatillah, (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK pada Materi Teks Narasi di SDN 106161 Laut Dendang. Jurnal Bina Gogik, 2(2): 15-22.

Simanjuntak, L. (2004). Metodologi Mengajar. Jilid I, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono. (2007). Model Pembelajaran Inovatif serta Penerapannya pada SD/SMP CI-BI. Semarang: Rajawali

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.