Identifikasi Pembelajaran Matematika terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Mlajah 1 Bangkalan

Faizah Virgi Alifiana, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas V SDN Mlajah 1 Bangkalan dalam Pembelajaran Matematika. Identifikasi permasalah dalam permbelajaran matematika dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pengumpulan hasil data dilakukan dengan menggunakan instrument angket, wawancara dan observasi yang berJumlah 36 siswa yang terdiri dari 11 perempuan dan 25 laki-laki. Hasil dari permasalahan penelitian ini menunjukkan pada tingkat minat belajar siswa di SDN Mlajah 1 tergolong masih rendah. Dalam indikator minat belajar siswa 34,375% sampel perasaan senang, 22,5% sampel terhadap konsentrasi perhatian dan paham terhadap pembelajaran, 3,75% sampel keinginan untuk belajar, 19,375% sampel kesediaan dari dalam diri untuk semangat belajar, 5,5625% sampel upaya yang dilakukan untuk merealisasikan kemauan belajar, 14,375% sampel memilih lain lain. Minimnya minat belajar siswa mempengaruhi semangat dalam mengikuti pembelajaran.

 

Kata kunci: Minat Belajar Siswa, Matematika

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary study in the identification of problems faced by class V SDN Mlajah 1 Bangkalan in Mathematics Learning. Problem identification in mathematics learning is carried out in order to find a solution in an effort to increase student interest in learning mathematics. Data collection was carried out using a questionnaire, interview and observation instrument with a total of 36 students consisting of 11 women and 25 men. The results of this research problem indicate that the level of student interest in SDN Mlajah 1 is still relatively low. In the indicator of student interest in learning 34.375% sample feeling happy, 22.5% sample of concentration of attention and understanding of learning, 3.75% of the sample desire to learn, 19.375% of the sample of willingness from within themselves for the spirit of learning, 5.5625% of the sample effort conducted to realize the willingness to learn, 14.375% of the sample chose others. The lack of interest in student learning influences enthusiasm in learning.

 

Keyword: Student Learning Interest, Mathematics

 


Full Text:

PDF

References


Anisah, Sri Lastuti. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Calon Guru SD di STKIP Taman Siswa Bima dan Cara Pengembangannya. Jurnal Pendidikan MIPA. 9(2), 12-30.

Chambers, P. (2008). Teaching Mathematics: Developing as a reflective secondary teacher. London: Sage Publication Inc.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Fauziah, Anni. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. 4(1).

Isnawati, Zuli. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas SD Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Marleni, Lusi. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 149-159.

Putrayasa, I.M., SyahrUddin, H., dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar PGSD. 2(1).

Siagian, R.E.F. (2012). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA. 2(2), 122-131.

Sirait , E.D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 6(1), 35-43.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Stephani, M.R. (2016). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Melalui Gaya Mengajar Guideddiscovery Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. JPJO, 1 (2). DOI 10.17509/jpjo.v1i2.10911.

Suciayati, Hardiansyah. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Metakognisi pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan MIPA. 9(2), 12-30.

Torio, M. Z. C. (2015). Development of Instructional Material Using Algebra as a Tool in Problem Solving. International Journal of Education and Research, 2(1).

Wibowo, Aji. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.