Faktor yang Menjadi Sebab Menurunnya Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Socah 2

Fais Kurnia Syahromadani, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Materi matematika yang sulit dipahami oleh siswa kelas II SDN Socah 2, 2) Karakteristik kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas II di SDN Socah 2, 3) Cara guru menyampaikan materi pelajaran matematika kepada siswa kelas II di SDN Socah 2, 4) Hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Socah 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang dan juga guru kelas II SDN Socah 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Materi yang dianggap sulit oleh siswa kelas II yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu: Pengukuran yang meliputi berat dan panjang , 2) Karakteristiknya yaitu adanya gangguan persepsi visual dan kesulitan dalam bahasa, membaca, dan memahami, 3) Cara guru menyampaikan materi pelajaran matematika kepada siswa kelas II di SDN Socah 2 yaitu: Guru jarang menggunakan media pembelajaran dalam penyampaian materi, hanya menggunakan metode ceramah yang membuat siswa bingung serta sulit mencerna materi pelajaran yang disampaikan, 4) Hasil belajar matematika siswa kelas II SDN Socah 2 yaitu: siswa mendapatkan nilai dibawah rata-rata pada mata pelajaran matematika karena siswa kurang memahami materi yang disampaikan.

 

Kata Kunci : Karakteristik, Hasil Belajar, Matematika

 

 

ABSTRACT

This study aims to find out: 1) Mathematical material that is difficult to understand by students in grade II at SDN Socah 2, 2) Characteristics of mathematics learning difficulties experienced by students in grade II at SDN Socah 2, 3) How teachers deliver mathematics material to class II students at SDN Socah 2, 4) Mathematics learning outcomes of Class II students of SDN Socah 2. This type of research is qualitative research. The informants in this study were second grade students who were also second grade teachers at SDN Socah 2. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data were analyzed through steps of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity checking technique is done by triangulating sources and techniques. The results showed that: 1) Material that is considered difficult by grade II students who have difficulty learning mathematics, namely: Measurements which include weight and length, 2) Its characteristics are visual impairment and difficulty in language, reading, and understanding, 3) Ways the teacher conveys mathematics subject matter to class II students at SDN Socah 2 namely: Teachers rarely use instructional media in the delivery of material, only use lecture methods that make students confused and difficult to digest the subject matter delivered, 4) Mathematics learning outcomes of class II SDN Socah students 2 namely: students get grades below the average in mathematics because students do not understand the material presented.

 

Keywords: Characteristics, Learning Outcome, Mathematics

 


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Afidah & Khairunnisa. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, Abu dan Widodo S. (2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Drs. H. Rahmat, P. Hd. (2010). Media Pembelajaran Suatu Pengantar. Logung Pustaka.

Handayani, N. A. (2017). Efektivitas Media Dakon Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Ngabeyan 3 Kartasura Tahun 2016/2017. Kartasura.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noviarti, A. (2014). Permainan Tradisional Dakon Sebagai Tema Perancangan Interior Ruang Kelas Di TK Aba Gedongkiwo Yogyakarta. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.