Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan

Agung Setyawan, Ellvio Fathia Azzahra, Ita Tri Astuti, Ita Elga Ica, Eksa Ayu Septyorini, Shilvi Dwi Susanti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara apa yang dilakukan agar waktu pembelajaran itu bisa berjalan dengan efektif dan menyenangkan sehingga siswa maupun siswi itu betah berada dikelas.  Metode penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah wawancara kepada guru kelas dan obervasi kepada siswa yang ada di SDN Socah 3 Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Pada penelitian ini, peneliti mengambil sample penelitian dari kelas VI di SDN Socah 3, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah guru dapat mengajar yang efektif dan menyenangkan itu tidak hanya mengandalkan materi yang disampaikan kepada siswa tetapi guru juga harus ikut aktif dalam memancing pertanyaan kepada siswa atau siswinya agar guru tersebut tahu apakah muridnya itu paham atau tidak, kemudian fasilitas, sarana dan prasarana itu juga sangat penting karena dengan fasilitas dan sarana prasarana itu lengkap maka murid bisa nyaman berada disekolahnya. Hasil setelah melakukan penelitian ternyata memang sudah sebagian besar pada tingkatan SD, pembelajaranyang dilakukan yaitu dengan metode yang menyenangkan namun juga harus memerhatikan keefektifannya. Simpulan dari penelitian ini bahwa mengajar yang efektif ini tidak hanya terpengaruh oleh pendidik dan materi ajar saja tetapi, keefektifan pembelajaran atupun mengajar juga bisa terpengaruh pada lingkungan dan fasilitas.

 

Kata kunci: pembelajaran, efektif, menyenangkan

 

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to know how to do so that the learning time can be effective and enjoyable, so that both students and girls are at home in class.  This method of research is using qualitative method which the instrument used is the interview to the class teacher and the students who are at SDN Socah 3, Socah District, Bangkalan Regency. In this research, researchers took sample research from class VI at SDN Socah 3, Socah District, Bangkalan Regency. The results and the discussion of this study are teachers can teach an effective and enjoyable that not only rely on the material presented to students but the teacher must also be active in fishing questions to the students or student so that the teacher knows whether the student understand or not, then facilities, infrastructure and infrastructures are also very important because with the facilities and infrastructure is complete then students can comfortably be at the Results after doing the research has been mostly on the level of elementary school, the study was done by a pleasant method but also have to pay attention to its effectiveness. The conclusion of this study that effective teaching is not only influenced by educators and teaching materials, but the effectiveness of learning and teaching can also be affected by the environment and facilities.

 

Keywords: learning, effective, fun


Full Text:

PDF

References


Arsad, B., Musmuliadi, N., & Palennari, M. (2017). Pembelajaran Efektif: Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Lembar Kerja Berbasis Penemuan Terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20, 2.

Asni. (2015). Efektifitas Proses Belajar Mengajar pada Sekolah Dasar Negeri 13 Gugus II Kecamatan Palu Selatan Kabupaten Palu. Jurnal Katalogis, 3, 8.

Daule, & Herawati, T. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogik, 6, 2.

Mudjijono, & Widiarti, U. (2008, Februari 1). Penerapan Model Pembelajaran Efektif Menyenangkan, Inovatif, Kreatif, Aktif, dan Tuntas (Pemikat). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3, 1.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1, 1.

Yusuf, B. (2017 - 2018, Oktober - maret). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajran dan Keilmuan, 1, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.