Identifikasi Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV SD

Dewi Ratna Sari, Tyasmiarni Citrawati, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi seberapa besar minat belajar siswa pada materi gaya dan gerak kelas IV SDN Junganyar 02. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana instrumen yang peneliti gunakan adalah lembar angket, lembar wawancara, serta lembar observasi. Lembar angket dan wawancara diberikan pada studi awal penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Junganyar 02 yang berjumlah 14 siswa. Hasil pengamatan dan data angket yag telah dianalisis menunjukkan bahwa tingkat minat belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SDN Junganyar 02 masih sangat rendah, yaitu hanya 50% siswa yang menyukai Pembelajaran IPA pada materi gaya dan gerak ini, kemudian 42% siswa masih merasa bingung dengan materi gaya dan gerak yang disampaikan oleh guru. Selain itu dari hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian siswa tampak tidak memusatkan perhatiannya terhadap materi yang dsampaikan oleh guru, akan tetapi malahasyik melihat keluarataupun mencoret-coret buku.

 

Kata kunci: Minat belajar, Pembelajaran IPA, Gaya dan Gerak, Siswa Kelas IV

 

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to identify how much the students’ interest in learning material in the style and motion of class IV SDN Junganyar 02. The method the researcher used in this study was descriptive qualitative where the instruments the researchers used where questionnaire sheets, interview sheets, and observation sheets. Questionnaire and interview sheets were given in the initial study. The sample in this study were all geade IV students of SDN Junganyar 2, totaling 14 students. The results of observations and questionnaire data that have been analyzed show that the level of student interest in learning about force and motion material in class IV SDN Junganyar 02 is still very low, ie only 50% of students who love science learning on this material style and motion, then 42% of students still feel confused with the material style and motion conveyed by the teacher. In addition, observations show that some students do not seem to focus their attention on the material conveyed by the theacher, but instead it is fun to look outside or scribble on books.

 

Keywords: Interest in learning, Science Learning, Style and Motion, Class IV Students


Full Text:

PDF

References


Adim, M., Endang, S. B. H., & Naufalia N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains (JPFS), 3 (1), 6-12.

Aziz, N., Amiruddin. (2020). Motivasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5 (01), 56-74.

Darmini, M. (2018). Penggunaan Metode Brainstroming Berbantuan Media Benda Kongkret dalam Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Mempengaruhi Gerak Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 4 (01), 22-30.

Endra, F. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, T. (2017). Hasil Belajar Materi Gaya dan Gerak Melalui Penerapan Senapan Gaya. Indonesian Journal of Primary Education, 1 (1), 1-11.

Hisbullah. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (KTI). Yogyakarta: Penerbit Depublish.

Mendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Nurhasanah, S., A, Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1 (1), 128-135.

Payadnya, I P. A. A., I Gusti A. N. T. J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik degan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Depublish.

Prihatini, E. (2017). Pengaruh Metode dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 7 (2), 171-179 .

Putri, G. M., Regina L. P., Atep S. (2017). Penerapan Pendekatan Savi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Materi Gaya Mempengaruhi Gerak dan Bentuk Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 2 (1), 361-370.

Resbiantoro, G., Aldila W. N. (2017). Miskonsepsi Mahasiswa Pada Dasar Gaya dan Gerak Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). 5 (2), 80-87.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.