Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa dalam Muatan IPS Kelas V SDN Mlajah 1 Bangkalan

Anni Farika, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam Identifikasi permasalahan yang dihadapi kelas V SDN Mlajah 1 Bangkalan dalam muatan IPS. Identifikasi permasalah dalam permbelajaran IPS dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPS. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes, wawancara dan observasi yang Jumlah siswa kelas ini sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil dari permasalahan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman belajar siswa di SDN Mlajah 1 tergolong masih rendah dan hasil penyebaran tes presentase pemahaman konsep belajar kelas V menunjukkan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas V tersebut sekitar 34,375 % Dapat mengenal letak dan luas Indonesia melalui. 22,50% Dapat menyebutkan letak. 3,72% Dapat menggambar sebuah peta. 19,375% Siswa dapat menentukam garis-garis yang terdapat dalam letak geografis dan 5,625% Siswa dapat menentukan jarak pada peta.

 

Kata kunci: Kata kunci_Pemahaman Konsep, IPS, Siswa Kelas V

 

 

ABSTRACT

This research is a preliminary study in the identification of problems faced by class V SDN Mlajah 1 Bangkalan in social studies content. Problem identification in social studies learning is carried out in order to find a solution in an effort to increase students' understanding of concepts in social studies learning. The instrument of data collection was carried out using test, interview and observation instruments. The number of students in this class was 25 students consisting of 10 male students and 15 female students. The results of this research problem indicate that the level of students' understanding of learning at SDN Mlajah 1 is still relatively low and the results of the distribution of percentage test understanding of the concept of learning in class V indicate that the average understanding of the concept of class V students is around 34.375%. 22.50% Can mention the location. 3.72% Can draw a map. 19.375% Students can determine the lines contained in the geographical location and 5.625% Students can determine the distance on the map.

 

Keywords: Concept Understanding, IPS, Fifth Grade Students

 


Full Text:

PDF

References


Aliyah, Jannatin. Dkk. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Cahaya.Ejournal UNESA (hlm.2)

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Bloom.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Kesuma, D., Triatna, C, Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No.24 tahun 2006. Tentang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Depdiknas.

Purwanto,N. (2008). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung:Rosdakarya.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Setianingsih, D., Ramadhan, A., & Gagaramusu, Y. (2014). Meningkatkan Pemahaman Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Laantula Jaya Kec. Wita Ponda Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(2), 41–52.

Setianingsih, D. Dkk. (2014). Meningkatkan Pemahaman Konsep Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Stad Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Laantula Jaya Kec. Wita Ponda Kab. Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 2 (Hlm.42)

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.