Analisis Penerapan Penggunaan Metode Diskusi dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD

Alvi Syahrina Qodariyah, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk proses pembelajaran hasil belajar siswa terhadap metode diskusi pada mata pelajaran PPKn kelas 3. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di UPTD SDN Banyuajuh 9 memiliki tingkat keaktifan yang menurun ketika menggunakan metode ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dalam bentuk survei. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3 UPTD SDN Banyuajuh 9. Pengumpulan data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dapat disimpulkan: 1. Data pembelajaran diperoleh dari wawancara dan observasi langsung. 2. Ringkas data dengan membuat abstrak. 3. Atur data dalam beberapa bagian-bagian. 4. Periksa kembali keandalan data. 5. Menganalisis data dengan meneruskan data ke teori substantif. Hasil penelitian berdasarkan dari observasi dan wawancara ialah guru mengatakan bahwa siswa kelas 3 sudah cukup antusias dalam menjawab serta bertanya ketika pembelajaran berlangsung melalui penggunaan metode diskusi. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat diukur dari cara guru menyampaikan materi pembelajaran dengan penggunaan metode diskusi pada siswa kelas 3 di UPTD SDN Banyuajuh 9.

 

Kata kunci: Metode Diskusi, hasil belajar, pembelajaran PPKn

 

 

ABSTRACT

This research is a qualitative research. This study aims to study the learning outcomes of students towards the method of discussion in class PPKn subjects 3. The background that encourages this research is that all grade 3 students in UPTD SDN Banyuajuh 9 have a decreased level of activity when using the lecture method. The method used in this research is descriptive research in the form of a survey. The subjects of this study were students in class 3 UPTD SDN Banyuajuh 9. Data collection obtained in this study were observation, interviews, and documentation. The results of data analysis can be concluded: 1. Learning data obtained from interviews and direct observation. 2. Summarize the data by making an abstract. 3. Arrange data in several parts. 4. Re-check data reliability. 5. Analyze data by forwarding data to substantive theory. The results of the study are based on observations and interviews that the teacher says that grade 3 students are quite enthusiastic in answering and asking questions when learning takes place through the use of discussion methods. It was concluded that student learning outcomes can be measured by the way the teacher conveys learning material by the use of discussion methods in grade 3 students at UPTD SDN Banyuajuh 9.

 

Keywords: Discussion method, learning outcome, civics learning


Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Gintings, A. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Humaniora Utama Press.

Imran, dkk. Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toaranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol 3, No 4.

Intan S. T., dkk. (2014). Penerapan Metode Diskusi dengan Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III dalam Pembelajaran PKn Tema Lingkungan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jurnal Edukasi UNEJ. I, (2).

Itnawati. (2016). Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora. Vol 2, No 3.

Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA. Vol 16, No 1.

Kochhar, S.K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.

Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Madiong, Baso, dkk. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan: Civic Education. Celebes Media Perkasa.

Malik, J. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Aktivitas Siswa Kelas IV SD 1 Sidorekso Pada Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 9, Nomor 2.

Pauziah, R. (2017). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Menirukan Pembacaan Pantun Anak di Kelas IV SD Negeri 19 Kepahang Kabupaten Kepahang Provinsi Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10 (1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.