Studi Pendahuluan Identifikasi Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN Telang 1

Alfin Nur Jiyanti, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian studi pendahuluan  ini adalah untuk mengidentifikasi hasil belajar matematika siswa di SDN Telang 1. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penenlitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai dari tanggal 26 februari 2020 hingga selesai. Sample dalam studi pendahuluan ini adalah 20 siswa kelas V di SDN Telang 1. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di SDN Telang 1 cenderung berpusat pada guru karena hanya menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga siswa cenderung pasif, hal tersebut menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Hasil tes menunjukkan terdapat 7 siswa yang mendapat perolehan nilai yang sudah diatas KKM dari total siswa yaitu 20 di kelas tersebut, KKM yang sudah ditentukan sekolah yaitu 65, namun hasil data menunjukkan ada 13 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Kesimpulan dari studi pendahuluan ini adalah terdapat banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah diantaranya penggunaan model dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi dan kebanyakan masih menggunakan metode konvensional, metode konvensional tersebut kurang sesuai sehingga hasil belajar siswa masih rendah.

 

Kata Kunci : hasil belajar matematika, model pembelajaran, pecahan

 

 

ABSTRACT

The purpose of this preliminary study research is to identify student mathematics learning outcomes in SDN Telang 1. This research method uses qualitative descriptive where the instruments used are tests, interviews and observations. The analysis technique used in this research is descriptive qualitative and quantitative descriptive. The time for implementing the data collection starts from February 26, 2020 until completion. The sample in this preliminary study was 20 fifth grade students at SDN Telang 1. The observations showed that mathematics learning at SDN Telang 1 tended to be teacher-centered because they only used conventional learning models so students tended to be passive, which was the reason for the low student learning outcomes. The test results showed that there were 7 students who got the grades above the KKM of a total of 20 students in the class, the KKM that had been determined by the school was 65, but the results of the data showed there were 13 students who scored below the KKM. The conclusion of this preliminary study in that there are many factors that cause student learning outcomes are still low including the use of models and metods used by teacher are less varied and most are still using conventional metods, convensional metods are less appropriate so student learning outcomes are still low.

 

Keywords: mathematics learning outcomes, learning models, fractions


Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. (2015). Manajemen Perbankan edisi revisi. Malang : UMM

Astuti. (2018). Penerapan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1, No. 1, pp. 49-6. E-ISSN : 2579-9258

Burhanudin. (2014). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar Ruz Media

Firdaus, F. Z. (2018). Aplikasi Metodologi Penenlitian. Yogyakarta : Deepublish

Heruman. (2010). Model-model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Isrok’atun, dkk. (2020). Pembelajaran Matematika Dan Sains Secara Integratif Melalui Situation Based Learning. Jawa Barat : UPI Sumedang Press

Mamik. (2014). Metodologi kualitatif. Sidoarjo : Zifatama Publisher

Najoan, R. (2019). Strategi Pemecahan Soal Cerita Matematika Di Sekolah Dasar. Sulawesi Utara : YAYASAN MAKARIA WAYA

Nugraheni, D. (2019). Penggunaan Media pembelajaran Kartu Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Konsep Pecahan. Universitas sebelas maret surakarta.

Permasi, E. W. (2016). Memahamkan Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN Sumberjo 03 Kabupaten Malang. Jurnal pendidikan : volume 1, nomor 9, bulan september tahun 2016, hlm 1735-1738, E-ISSN : 2502-471X

Rahmawati, D. P. (2018). Strategi & Implementasi Pembelajaran Matematika. Jawa Barat : CV Jejak

Yulia, P. S. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan RME Di Kelas V C SDN No.81/ I Muara Bulia.

Shandy. M. (2016). Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume. 1 Nomor 1

Syuharjono, dkk. (2019). Panduan Penulisan Skripsi Dan Tugas Akhir. Surabaya : Scorpindo Media Pustaka

Wagiran. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : Deepublish


Refbacks

  • There are currently no refbacks.