Analisis Kesulitan Belajar IPA dan Cara Mengatasinya Pada Siswa Kelas IV SDN Demangan 2

Agung Pramono

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan materi yang dianggap sulit oleh siswa kelas IV SDN Demangan 2, 2) Untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar IPA oleh siswa kelas IV SDN Demangan 2, dan 3) Upaya guru dan peneliti dalam mengatasi kesulitan belajar IPA di kelas IV SDN Demangan 2. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Demangan 2 yang berjumlah 38 siswa pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Objek Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu menganalisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengukur hasil belajar siswa, observasi untuk menggali data mengenai aktivitas siswa dan guru serta pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA, dan angket untuk mengetahui respon dari siswa setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Materi yang dianggap sulit adalah morfologi, yakni mendeskripsikan bagian luar tumbuhan dan hewan. 2) Faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SDN Demangan 2 salah satunya adalah metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan metode ceramah tanpa adanya media, dan 3) Didapatkan hasil hanya 9 siswa yang dapat mencapai nilai tuntas (75). Hal ini berarti hanya 30% siswa yang tuntas dan 70% siswa yang tidak tuntas. Presentase ketuntasan tersebut sangat jauh dari indikator keberhasilan yakni 80%. Hal ini menandakan bahwa kebanyakan siswa kurang memahami konsep morfologi hewan dan tumbuhan. Bahkan lebih dari setengah jumlah siswa yang mendapat nilai kurang. Upaya untuk mengatasi kesulitan ini, yakni dengan menggunakan media puzzle saat melakukan pembelajaran IPA, khususnya materi morfologi.

 

Kata kunci: Kesulitan Belajar, IPA, Media Puzzle

 

 

ABSTRACT

This study aims to 1) Describe material that is considered difficult by Grade IV Demangan 2N SDN students IV SDN Demangan 2. This type of research is qualitative research. The subjects of this study were Grade IV students of Demangan 2 Elementary School, totaling 38 students in the even semester of the 2019/2020 school year. The object of this Classroom Action Research is analyzing student learning difficulties in science subjects. Techniques used in this study are tests to measure student learning outcomes, observation to explore data about student and teacher activities as well as student understanding in science learning, and questionnaires to find out the responses of students after learning. The results showed that 1) The material considered difficult is morphology, which is describing the outside of plants and animals. 2) Factors that cause learning difficulties of science students in grade IV SDN Demangan 2 one of which is the method used by the teacher still using the lecture method without the media, and 3) Obtained results only 9 students who can achieve complete grades (75). This means that only 30% of students complete and 70% of students do not complete. The percentage of completeness is very far from the success indicator which is 80%. This indicates that most students do not understand the concepts of animal and plant morphology. Even more than half the number of students who score less. Efforts to overcome this difficulty, namely by using puzzle media when doing science learning, especially morphological material.

 

Keywords: Learning Difficulties, Natural Sciences, Media Puzzles


Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. (1986). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali.

Alwan, dkk. 2017. Faktor-Faktor yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. 2(1): 27-28.

Awang, Imanuel Sairo. (2015). Kesulitan Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. Sintang : STKIP Persada Khatulistuwa.

Darmojo, H. Jenny R. E K. (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud.

Dewiatmini, Pramita. (2010). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) (Skripsi). Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika

Latut, Anita. (2007). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV MIN Lambaro Aceh Besar. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh

M. Djauhar Siddiq, dkk. (2008). Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Maulana T., Mochammad. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. 3(1): 1-3.

Remaita M., dkk. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.