Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Socah 2

Afrilia Lailatun N H, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini adalah studi awal dalam identifikasi pemahaman yang dihadapi oleh siswa dalam mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Socah 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA dan pengaruhnya dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Socah 2. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Socah 2 yang berjumlah 25 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh karena semua populasi digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan tes. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan lembar tes. Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan proses pembelajaran menggunakan metode ceramah. Sedangkan hasil tes menunjukkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA presentase ketuntasannya yaitu 32% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM dan 68% siswa yang belum mendapatkan nilai di atas KKM, itu artinya masih banyak siswa yang belummemahami pembelajaran IPA.

 

Kata Kunci: Belajar,  IPA, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This study is a preliminary study in identifying the understanding faced by students in science subjects in class V of SDN Socah 2. The purpose of this study is to describe students' understanding of science learning and its influence with student learning outcomes in class V of SDN Socah 2. This type of research uses descriptive quantitative research. The population in this study were all fifth grade students of SDN Socah 2, totaling 25 students. The sample used in this study is saturated sampling because all populations are used in this study. The data collection techniques of this study used interviews and tests. The research instrument used interview guidelines and test sheets. Based on the results of observations in the field shows the learning process using the lecture method. While the test results indicate student learning outcomes in science learning the percentage of completeness is 32% of students who score above KKM and 68% of students who have not yet scored above KKM, it means that there are still many students who do not understand science learning.

 

Keywords: Learning, Science Subject (IPA), Learning Outcome


Full Text:

PDF

References


Kristin F. (2016). Analisis Model pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan HasilBelajar Siswa SD. Jurnal pendidikan dasar perkhasa,Vol. 2, No. 1.

Nardi. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh Manusia Melalui Model CTL Kelas IV SD. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar edisi 9 tahun ke-6.

Pane, A., & Muhammad, D. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352.

Sapriati, Amalia. (2011). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suardita, Nesa dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Malaya. Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia.

Syahputra, edi. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Widiawati, Ni, putu dkk. (2015). Analisis Pemahaman Konsep dalam Pelajaran IPA pada Siswa Kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Banjar. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha,Vol. 3, No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.