Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Peta Budaya melalui Metode Demontrasi dada Kelas IV SDN Socah
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan kejadian strategi pengajaran pada pemahaman membaca siswa pendidikan dasar dalam pelajaran IPS. Oleh karena itu, metode demontasi, aktifitas belajar meteri membaca peta budaya dengan mengunakan metode demontrasi. Pelaksanaan evaluasi hasil belajar materi membaca peta dengan mengunakan metode demontasi dan peningkatan kemampuan membaca peta dengan mengunakan metode demontrasi. Metode penelita yang digununakan yaitu penelitian tindakan kelas, subjek penelitian siswa kelas IV dan teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi, tes data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa desain RPP mengunakan metode demontrasi, yang meliputi presentasi kelas, nelajar kelompok melalui tahap eksplorasi dan komfirmasi.
Kata kunci: metode demonstrasi, aktivitas, membaca peta.
ABSTRACT
This study aims to establish the incidence of teaching strategies on understanding the reading of basic education students in IPS lessons. Therefore, the method of demontation, the learning activity of the meter reads the cultural map using the demonstration method. Implementation of the evaluation of learning outcomes Material reading maps using the method of demontation and increasing the ability to read maps using the demonstration method. The Penelita method used is classroom action research, research subjects of class IV students and data collection techniques using observation sheets, data tests are analyzed descriptively quantitatively. The results of the study in the form of RPP's design using the demonstration method, which included class presentations, learned groups through the exploration and confirmation phase.
Keywords: Method of demonstration, activity, map reading.
Full Text:
PDFReferences
Azhar A. (2001). Media Pembelajaran, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta
Bakosurtanal. (2005). geografi-bumi. blogspot.com/2009/09/pengertia n-peta.html
Hidayat a. (2017). Penggunaan strategi mencari jawaban untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas v sdn 030 pulau permai kecamatan tambang kabupaten kampar. journal cendekia: jurnal pendidikan matematika volume 1, no. 1. 88-99
Iskandar. (2017). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Portal media pengetahuan online. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/04/pentingnya-penelitian-tindakan-kelas-bagi-guru.html
Sardiman AM, (2012). Interaksi & motivasi belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Solihatin Etin. (2012). Strategi Pembelajaran PKN. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.