Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Course Review Horay (CRH) pada Materi Pecahan Kelas V

Devi Purwanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas V MIM  15 Penganten Balen, Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada saat pengumpulan data, teknik yang digunakan  metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini adalah persentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CRH dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I, persentasenya mencapai 66.38% kemudian pada siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 88.05%. Persentase hasil belajar siswa pada waktu pretest yaitu 5.56%, pada siklus I meningkat menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88.89%.

 

 Kata Kunci: hasil belajar matematika, model Course Review Horay (CRH)

 

 

ABSTRACT

This study aims to improve mathematics learning outcomes of fractional material through the application of the Course Review Horay Learning Model (CRH) to students in class V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. This type of research is a Classroom Action Research (CAR) collaborative pattern using the Kemmis and Mc Taggart cycle models. The research subjects were students in class V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. This class action research was carried out in 2 cycles. When collecting data, the techniques used are test and observation methods. The instruments used in this study were test questions and observation sheets. Analysis of the data used is qualitative descriptive and quantitative descriptive. Success criteria for this action research are the average percentage of student learning outcomes reaching ≥ 75% and the percentage of student learning activities reaching siswa 80%. The results showed that the CRH learning model could improve mathematics learning outcomes in fractions of students in class V MIM 15 Penganten Balen, Bojonegoro. The results of observations of student activities in the first cycle, the percentage reached 66.38% then in the second cycle the percentage of student activity increased to 88.05%. The percentage of student learning outcomes at the time of the pretest was 5.56%, in the first cycle increased to 50%, and in the second cycle increased to 88.89%.

 

Keywords: mathematics learning achievement, Course Review Horay Learning Model (CRH)


Full Text:

PDF

References


Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.