Analisis Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI

Yessi Margaretha, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Demangan 02 Bangkalan memiliki keaktifan yang menurun ketika mengunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa terhadap metode pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI. Sampel dari penelitian yaitu mengambil seluruh siswa kelas VI sebanyak 28 siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Wawancara dan observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa ketika belajar dikelas dengan menggunakan metode yang dipilih. Hasil dari wawancara ini dianalisis untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa terhadap metode pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI. Hasil dari penelitian berdasarkan wawancara dan observasi yaitu guru mengatakan bahwa siswa kelas VI sudah cukup berantusias untuk menjawab dan bertanya ketika pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan metode ceramah, namun terkadang siswa cenderung bersikap pasif di dalam kelas. Simpulan dari penelitian ini yaitu keaktifan belajar siswa dapat diukur dari cara guru menyampaikan materi dengan metode yang digunakan kelas VI SDN Demangan 02 Bangkalan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: Bahasa Indonesia, metode pembelajaran, keaktifan

 

 

ABSTRACT

The background that drives this research is that all grade VI students at SDN Demangan 02 Bangkalan have decreased activity when using the lecture method. This research was conducted with the aim to describe the activeness of student learning towards learning methods in Indonesian subjects in class VI. The sample of the research is taking all 6th grade students as many as 28 students. This type of research is a qualitative descriptive study. This research method uses interviews, observation, and documentation. Interviews and observations are used to determine the activeness of students when learning in class using the method chosen. The results of this interview were analyzed to describe the activeness of student learning towards learning methods in Indonesian Language class VI. The results of the study are based on interviews and observations that the teacher says that grade VI students are enthusiastic enough to answer and ask questions when learning Indonesian using the lecture method, but sometimes students tend to be passive in class. The conclusion of this study is that student learning activeness can be measured by the way the teacher conveys material with the method used in class VI SDN Demangan 02 Bangkalan in Indonesian subjects.

 

Keywords: Indonesian, learning methods, activeness


Full Text:

PDF

References


Dewantara, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa (Studi Pada Siswa Kelas V Sdn Pengambangan 6 Banjarmasin). Jurnal Paradigma, 11(2)41-44.

Fauzia, H.A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(1) 40-47.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pitriana., Lathifah., & Makarim. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2) 151-165.

Surya, Y.F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1) 38-53.

Syafriana, Dona. (2017). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sdn 63 Surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1) 1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.