Analisis Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SDN Buluh 2

Wasis Nurcahyo, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian dalam studi pendahuluan ini untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa berdasarkan hasil belajar dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Metode dalam studi pendahuluan ini yaitu 3P, dimana 3P tersebut berupa tulisan-tulisan dalam kertas (paper), manusia (person) atau tempat (place). Instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan test hasil belajar (kognitif). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulitatif dan kuantitatif. Waktu pelaksanaan pengambilan data dimulai pada tgl 25 Februari 2020 hingga selesai. Subjek dalam studi pendahuluan ini adalah 23 siswa kelas IV dan 1 guru kelas atau wali kelas IV SDN Buluh 2. Hasil pengamatan menyatakan siswa kurang dan sulit menerima materi tersebut, pelaksanaan model pembelajaran tidak sesuai dengan sintaksnya. Hasil test menunjukkan 4 siswa memperoleh nilai diatas KKM dari total 23 siswa kelas IV, dengan KKM yang ditentukan sekolah yaitu 60, data menunjukkan ada 19 anak yang mendapatkan nilai dibawah KKM sehingga nilai rata-rata siswa dikelas tersebut 16.09. Penarikan simpulan dalam studi pendahuluan ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran matematika kurang sesuai yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak tercapai secara maksimal.

 

Kata kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran, Matematika

 

 

ABSTRACT

The purpose of the research in this preliminary study is to find out how much the students' abilities are based on the learning outcomes and the teaching and learning process carried out by the teacher and students. The method in this preliminary study is 3P, where the 3P is in the form of writings on paper, human (person) or place (place). The instruments used were interviews, observation, and learning outcomes tests (cognitive). The analysis techniques used in this study are quantitative and quantitative. The time for data collection begins on February 25, 2020 until completion. The subjects in this preliminary study were 23 grade IV students and 1 class teacher or fourth grade guardian of SDN Buluh 2. The observations stated that students were lacking and difficult to accept the material, the implementation of the learning model was not in accordance with the syntax. The test results showed 4 students got grades above KKM out of a total of 23 grade IV students, with KKM determined by the school which was 60, the data showed there were 19 children who scored below the KKM so that the average value of students in the class was 16.09. Withdrawal of conclusions in this preliminary study can be said that the learning model applied to mathematics learning is not appropriate which results in student learning outcomes not being achieved optimally.

 

Keywords: Learning Outcome, Learning Model, Mathematics


Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf . 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Antonius Cahya Prihandoko. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar dan Menyajikan dengan Menarik. Jakarta: departemen pendidikan nasional derektorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Harmony, J. (2012). Pengaruh Kemampuan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Edumatica, 02(01).

Herman Hudojo. 2001. Pengembangan kurikulum dan pengajaran matematika. Malang: Jica Universitas Negeri Malang.

Heruman .2010. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, M. (2012). Riset Desain Dalam Metodologi Penelitian. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 16(1), 71-80.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, (4(1), 59-75.

Nurcholis. (2013). Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (1).

Prasetyawan, D. G. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Congkrak 1 Muntilan Magelang. Basic Education, 5(26), 2-481.

Sholikhah, O. H. (2016). Problematika Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Alternatif Pemecahannya. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan PEmbelajaran, 5(02).

Sugiyono. 2009. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan KEliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165-167.

Susyanto, A. D (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Pada Siswa KElas V SDN 1 Jembangan Poncowarno Kebumen. Universitas PGRI Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.