Studi Permasalahan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan

Umi Badiah, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran tematik muatan IPA siswa kelas VI SDN Socah 4 Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah lembar hasil pengamatan, dokumentasi dan pedoman wawancara terhadap guru kelas VI. Wawancara dilakukan setelah kegiatan pembelajaran di kelas, lembar hasil pengamatan untuk mengamati keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Sampel dari penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas VI SDN Socah 4 yang berjumlah keseluruhan siswa sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 8 orang siswa dan 14 orang siswi. Hasil dari penelitian ini adalah hasil wawancara terhadap guru kelas menunjukkan pembelajaran belum dikreasikan dengan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat dan keaktifan belajar siswa. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi dan antusias siswa sehingga siswa cenderung kurang aktif dan pasif dalam pelaksanaan pembelajaran IPA. Penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas kurang meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran.

 

Kata Kunci: Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPA.

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the activeness of students in the thematic learning of science content of grade VI students of Socah 4 Public Elementary School in Bangkalan Regency. This research method uses descriptive qualitative where the instruments used are observation sheets, documentation and interviews guidelines for class VI teachers. Interviews were conducted after learning activities in class, observation sheets to observe the activeness of student in the implementating science  learning. The sample of this study was class teachers and students of class VI SDN Socah 4, which totaled 21 students consisting of 8 students and 14 students. The results of this study are the results of interviews with classroom teachers showing learning has not been created with a learning model that can foster enthusiasm and active learning of students. The observations showed that the low participation and enthusiasm of students so that students tend to be less active and passive in the implementation of learning. The application of the learning model used by class teachers does not increase student activity in learning.

 

Keywords: Student Activity, Science Learning.

 


Full Text:

PDF

References


Hidayati, Kunthi. (2016). Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar pada Kelas IV SD 1 Cepokojajar Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 12 (5).

Hisbullah, dan Nurhayati S. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Penerbit Aksara Penerbit.

Mujtahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: CV Salsabila Putra Pratama.

Putri, S. U. (2014). Pengembangan Desain Blended Learning untuk Program Pelatihan Pendalaman Materi IPA Berbasis Kebutuhan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Konsentrasi Nonsains. Sumedang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Yoni, Acep, dkk. (2014). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.