Identifikasi Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Hitungan Waktu Siswa Kelas III SDN Demangan 2 Bangkalan

Siti Choiriyah, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui hasil belajar matematika materi satuan hitungan waktu siswa kelas III SDN Demangan 2. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga instrument yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan guru kelas III, observasi dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung, dan dokumentasi dilakukan peneliti saat guru telah selesai melakukan tes dan memperoleh hasil tes tersebut berupa sampel 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2020 yang mana peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dapat dilihat bahwa siswa kurang memahami satuan hitungan waktu, serta didukung dengan model pembelajaran yang kurang inovatif serta kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika setelah dilakukannya tes oleh guru hanya 12 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Sekolah sudah menentukan KKM dengan nilai 65. Simpulan dari penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN Demangan 2 yaitu dengan presentase ketuntasan 40%.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, satuan hitungan waktu, kelas III

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the mathematics learning outcomes of the unit of time count grade students of SDN Demangan 2. The method used was a descriptive qualitative method. This study uses three instruments, namely interviews, observation and documentation. Researchers conducted interviews with class III teachers, observations were made during the learning process, and documentation was conducted by researchers when the teacher had finished the test and obtained the results of the test in the form of a sample of 30 students consisting of 15 male students and 15 female students. This research was conducted on March 5, 2020 in which researchers conducted interviews, observations and documentation to collect data. Based on the results of interviews and observations, it can be seen that students do not understand the unit of time count, and are supported by less innovative learning models and the lack of use of instructional media in the learning process, which causes low student learning outcomes. This study shows that the results of learning mathematics after the test by the teacher only 12 students who scored above the KKM. The school has determined the KKM with a value of 65. The conclusion of this study is the low learning outcomes of third grade students of SDN Demangan 2, with a percentage of completeness of 40%.

 

Keywords: Learning outcomes, unit of time count


Full Text:

PDF

References


Agustin, Nurul Vivin. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 36-44.

Dyah dkk. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1), 14-23.

Eismawati, Eka dkk. 2019. Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika, 3(2), 71-78.

Isro’atun dkk. 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Lefudin. 2014. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Nai, Angela Firmina. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Samosir, Godang Asi Eva dan Taruli Marito Silalahi. 2019. Upaya Meninkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas III SD Negeri 066045 Medan Helvetia T.A 2018/2019. Taparuli Journals, 1(2), 548-553.

Santoso, Hermawan Budi dan Subagyo. 2017. Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman, 5(1), 40-45.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.