Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD)

Agung Setyawan, Qisnah Arsilah Novitri, Silfi Rahartini Eka Pratiwi, Mardhatilla Birrul Walidain, Moh. Agus Khoirul Anam

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa kesulitan belajar yang dialami setiap anak berbeda, dan artikel ini dapat memberi kemudahan untuk mengenal berbagai macam kesulitan belajar dan solusinya.Jumlah peneliti dalam penelitian ini sebanyak 4 orang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa sekolah dasar (SD) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Instrumen yang digunakan peneliti pada saat kegiatan penelitian yaitu lembar observasi, catatan lapangan,serta wawancara siswa dan guru.Kesulitan belajar adalah hambatan atau gangguan yang dialami oleh anak ataupun remaja yang disebabkan adanya ketidakseimbangan antara ilmu pengetahuan dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak ataupun remaja yang seharusnya bisa dicapai. Hambatan dan gangguan yang dialami oleh anak ataupun remaja kemungkinan besar disebabkan oleh adanya gangguan sistem syaraf otak pada anak sehingga bisa menyebabkan kesulitan belajar pada anak. Dengan adanya gangguan sistem syaraf otak pada anak akan memperlambat proses berkembangnya pola pikir dari anak. Jadi anak bisa mengalami ketertinggalan materi, dan bisa menimbulkan gangguan perkembangan yang lainnya. Seperti, gangguan berbicara, membaca, menulis, dan berhitung. Guru dan orangtua merupakan kunci keberhasilan belajar anak. Karena peran mereka sangat penting dalam kehidupan keseharian anak dalam memberikan bimbingan, edukasi, serta memahami perkembangan potensi dan kecerdasan anak.

 

Kata kunci: kesulitan belajar, sekolah dasar

 

 

ABSTRACT

This research aims to find out some of the learning difficulties experienced by each child differently, and this article can provide convenience to recognize various kinds of learning difficulties and their solutions.The number of researchers in this study were 4 people. This research was conducted to analyze and determine the factors that cause learning difficulties of elementary school students in participating in learning activities. The instruments used by researchers during the research activities were observation sheets, field notes, and student and teacher interviews. Learning difficulties are obstacles or disturbances experienced by children or adolescents caused by an imbalance between science and the abilities possessed by children or adolescents that should be achieved. Barriers and disorders experienced by children or adolescents most likely caused by a nervous system disorder in the brain of the child so that it can cause learning difficulties in children. With the disruption of the brain's nervous system in children will slow the process of developing the mindset of children. So the child can experience material backwardness, and can cause other developmental disorders. Like, impaired speaking, reading, writing, and arithmetic. Teachers and parents are the key to children's learning success. Because their role is very important in children's daily lives in providing guidance, education, and understanding the development of children's potential and intelligence.

 

Keyword: Elementary Students, Children Difficulties


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anzar, S. F., & Mardhatillah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Cipta, R. R. P., & Prabawati, M. N. (2019, November). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Berkaitan Dengan Soal-Soal Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Eni, E. M. (2017). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).

Fitrah, Muhammad & Luthfiyah. 2018. Metodologi penelitian: penelitiankualitatif, tindakan kelas & studi kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling. 2(2), 145.

Husamah, dkk. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMMPress.

Idris, R. (2017). Mengatasi kesulitan belajar dengan pendekatan psikologi kognitif. Lentera pendidikan: jurnal ilmu tarbiyah dan keguruan, 12(2), 152-172.

Janurti, Dibia, dan Widiana. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1), 3.

Khafid, M. (2007). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Akuntansi. Dinamika Pendidikan, 2(1).

Ni’matuzahroh & Susanti P. 2018. Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikologi. Malang: UMM Press.

Putri, M. D., & Marpaung, J. (2018). Studi Deskripsi Tentang Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 50 Batam. Cahaya Pendidikan, 4(1).

Sa’idah, Nusrotus. (2016, Februari). Problematika Kesulitan Belajar Statistik. InProseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

Savitri, D. I., & Degeng, I. N. S. (2016). Peran Keluarga Dan Guru Dalam Membangun Karakter Dan Konsep Diri Siswa Broken Home Di Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(5), 861-864.

Taufiq, Fikry I. (2016). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling Bangun Datar dan Luas Jajargenjang (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Jati Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat). FKIP Unpas. (Hlm. 17).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.