Kepribadian Anak Kelas 1 dan Kelas 2 SDN Gili Timur berdasarkan Psikologi Pendidikan

Agung Setyawan, Miana Dewi, Nur Mufarrokhatus Sholikhah, Shinta Dwi Wahyuni, Shinta Oktabernika Putri

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepribadian setiap peserta didik kelas 1 dan kelas 2 SDN Gili Timur 01. Agar mempermudah upaya guru dalam memahami peserta didik dalam mendidik peserta didik agar berilmu dan berkarakter baik yang sesuai dengan kepribadian yang mereka miliki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa observasi dan wawancara, serta lembar pengamatan observasi yang berpedoman pada tipe kepribadian anak DISC (Dominance, Influence, Compliance, Sreadiness). sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 yang berisi 21 siswa dan kelas 2 yang berisi 33 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan wawancara, dalam hal ini menunjukkan bahwa kepribadian anak kelas 1 dan kelas 2 berbeda-beda. Hasil dari penelitian menggunakan wawancara dan pbservasi menunjukkan bahwa rata-rata kepribadian antara anak kelas 1 dan kelas 2 memiliki perbedaan. Untuk kelas 1 rata-rata cenderung memiliki kepribadian complience dan dominan. Sedangkan untuk siswa kelas 2 rata-rata memiliki kepribadian influence. Ini menunjukkan bahwa siswa kelas 1 cenderung memiliki kepribadian yang teguh pendirian, teliti, berpikir kritis, pendendam, loyalitas tinggi, ragu, ambisius, mandiri, dan berani ambil resiko. Dan untuk siswa kelas 2 cenderung memiliki kepribadian yang antusias, optimis, persuasif, aktif berbicara, mudah percaya orang lain, implusif, dan mudan mengekspresikan perasaannya

 

Kata kunci: Kepribadian Anak, Psikologi Pendidikan, DISC

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the differences in the personality of each grade 1 and grade 2 student at SDN Gili Timur 01. The method used in this study was a qualitative and quantitative method using instruments in the form of observations and interviews, as well as observation sheet observations guided by type DISC children's personalities (Domination, Influence, Compliance, Sreadiness). The sample of this research was grade 1 students containing 21 students and class 2 containing 33 students. The results of this study are by conducting observations and interviews, in this case showing that the personalities of children in grade 1 and grade 2 are different. The results of the study using interviews and observations showed that the average personality between grade 1 and grade 2 children had differences. For class 1, the average tends to have obedience and dominant personality. Whereas for grade 2 students, on average they have the influence of personality. This shows that grade 1 students tend to have strong personalities, conscientious, critical thinking, vindictive, high loyalty, doubtful, ambitious, independent, and dare to take risks. And for grade 2 students tend to have an enthusiastic personality, optimistic, persuasive, active speaking, easy to trust others, are implusive, and easy to express their feelings.

 

Keywords: Child Personality, Educational Psychology, DISC


Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian . Malang: UMM Press.

Angganantyo, Wendio. 2014. “Coping Religius pada Karyawan Muslim ditinjau dari Tipe Kepribadian”. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan,2(1).

Bachri, S. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris dan Aplikatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Elizabeth B, Hurlock. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Gunarsa, Singgih D. (2008). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayah, Nur. Dkk. (2017). Psikologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor : Ghalia Indonesia.

Mardiansyah, dkk. (2014). Modul Penelitian DISC. Jakarta: One Spirit Consulting.

Muhidi, Abdul. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Universitas Islam Surabaya.

Purwanto, N. (2017). Psikologi Pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya.

S. Hall. Calvin., Lindzey, Gardner. (1993). Teori-Teori Holistik (Organismik Fenomenologis). Yogyakarta: Penerbit Kanisius (anggota IKAPI).

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, M.2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Yuridik, J. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kecana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.