Analisis Hubungan Model Pembelajaran dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV
Abstract
ABSTRAK
Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Bancaran 4 yang relatif rendah dan dibawah rata-rata.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan model pembelajaran dan minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Bancaran 4. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bancaran 4 dengan jumlah 38 siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara. Hasil observasi menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat, sehingga hal ini membuat sebagian besar siswa tidak tertarik pada matematika sehingga sulit untuk menerima materi. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika pada dasarnya memang berada di bawah rata-rata. Hasil dokumentasi menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa berada dibawah kkm. Berdasarkan data yang diperoleh, simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran dan minat belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata kunci: Model pembelajaran, minat belajar, hasil belajar
ABSTRACT
The problem raised in this study is the mathematics learning outcomes of fourth grade students of SDN Bancaran 4 which are relatively low and below average. The purpose of this study was to determine the relationship between the use of learning models and interest in learning with learning outcomes in mathematics subjects in class IV SDN Bancaran 4. The research approach used in this study was descriptive qualitative and experimental. The sample of this study was grade IV students at SDN Bancaran 4 with a total of 38 students. Data in this study were collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using qualitative descriptive analysis. This research is based on observations and interviews. The results of observations indicate that the learning model by the teacher is not quite right, so this makes most students not interested in mathematics making it difficult to accept the material. The interview results show that the ability of students in mathematics subject matter is basically below average. The documentation results show that the average student mathematics learning outcomes are below kkm. Based on the data obtained, the conclusions from this study are the learning model and learning interest can influence student learning outcomes.
Keywords:learning model, interest to learn, learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. 2005. Undang-undang Sisdiknas 2003 (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.
Indra Gunawan, Ivo. 2013. Peringkat Pendidikan Indonesia Menempati ke64. Tersedia pada http://liranews.com/berita-3236peringkat-pendidikan-indonesia-didunia-menempati-peringkatke64.html, (diakses tanggal 8 Desember 2013)
Kunandar.2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sobel. M, Maletsky M. 2001. Mengajar Matematika. Jakarta: Penertbit Erlangga.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Triatno. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. jakarta: Sinar Grafika
Utami, Maria Sri. 2014.Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Komputer pada Materi Peninggalan Sejarah Hindu Budha di Indonesi Kelas V SDN Kepatihan 04 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Pancaran. Vol. 3. No. 4. Hal 175-182
Refbacks
- There are currently no refbacks.