Identifikasi Permasalahan Siswa Kelas 3 SDN Buluh 3 Socah dalam Pembelajaran Matematika

Novita Aulia, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapai pada mata pelajaran matematika siswa kelas  3 SDN buluh 3 Socah pada materi pecahan semsester II tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah  deskriptif  kualitatif. Populasi pada penelitain ini adalah seluruh siswa kelas 3 yang terdiri dari 30. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan lembar tes. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa muatan pelajaran matematika yaitu terdapat 4 siswa dari 30 siswa yang lulus diatas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa rendah.

 

Kata Kunci : Siswa, hasil belajar, matematika

 

 

ABSTRACT

This study discusses the problems faced in matematichs class 3 SDN Buluh 3 Socah on the second semester fractoins of the 2020/2021 academic year. Data ceollection techniques for student and teacher activities are colledted by monitoring directly in the classroom. Student learning outcomes data collected by providing tests. Data collected were analyzed descriptively. The subjects in this study were grade 3 teachers and grade 3 students. The data collection methods used in this study were interviews, documentation, observation and  test sheets. The test results show that student learning outcomes containing mathematics lessons are 4 students out of 30 students who successfully pass the KKM. This shows that student leraning outcomes are low.

 

Keywords : students, learning outcomes, mathematics

 


Full Text:

PDF

References


Abudin Nata.( 2001). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Anggito Albi dan Setiawa Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Armi Ahmadi. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Damayanti dan Mujiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Musa dan Nurfitri T. (1998). Metodologi Penelitian. Jakarta : Fajar Agung.

Nana Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih. (2010). Metode Penelian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1996). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Aneka Cipta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Sutrisno. (2001). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offes.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.