Identifikasi Permasalahan dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SDN Buluh 3 Socah

Nova Puspa Dewi, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan studi awal dalam identifikasi permasalahan yang dihadapi pada  mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SDN Buluh 3 Socah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hasil belajar IPA kelas IV dan upaya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan guru. Identifikasi permasalahan dalam pembelajaran IPA dilaksanakan agar dapat ditemukan sebuah solusi dalam upaya peningkatan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh yang merupakan semua anggota populasi digunakan sebagai sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tes. Instrument yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV menunjukkan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil tes menunjukkan hasil belajar siswa pada muatan pelajara IPA presentse ketuntasanya 5,26% yaitu hanya ada 2 siswa dari 38 siswa yang lulus diatas KKM. Hal ini menujukkan hasil belajar siswa rendah.

 

Kata kunci: Pembelajaran, Hasil belajar, IPA

 

 

ABSTRACT

This study is a preliminary study in the identification of problems faced in science subjects for fourth grade students at SDN Buluh 3 Socah. This study aims to identify the learning outcomes of Class IV Natural Sciences and efforts to overcome the problems faced by students and teachers. Identification of problems in science learning is carried out so that a solution can be found in an effort to improve learning outcomes of science. This type of research uses descriptive quantitative research. The population in this study were all grade IV students, amounting to 38 students. The sample in this study uses saturated sampling which is all members of the population used as a sample. Data collection techniques used in this study were interviews, observation and tests. The instruments used were interview guidelines, observation guidelines and test sheets. Based on the results of observations in class IV shows the learning process using conventional learning models. The test results show student learning outcomes in the science lesson content presents a completeness of 5.26%, there are only 2 students out of 38 students who graduated above KKM. This shows low student learning outcomes.

 

Keywords: Learning, Learning Outcomes, IPA


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa.

Assyari., Sularsih., & Muhammad, H. (2020). Cakap dan Kreatif Mendidik. Edu Publisher: Tasikmalaya.

Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Megwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (2), 84-93.

Hanafi, H., La, A., & Muzzakir. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Isnawati, Z. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Atas SD Negeri 3 Ngraji Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lefudin. (2017). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik. Pontianak: Yudha English Gallery.

Mutjahidin. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Penasalsabila.

Permana, M.S., Dhami, J., & Bunyamin. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Multimedia. Jurnal Algoritma, 11 (2), 256.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumami. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan. 187.

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. CV Budi Utama: Yogyakarta.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minatdan Hasil Belajar. Haura Publishing: Sukabumi.

Widiantoro, N., & Nyoto, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (3), 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.