Analisis Kemampuan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keleyan 4

Miftachul Lutfiyah, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian dalam studi pendahuluan ini untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa berdasarkan hasil belajar dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dimana instrumen yang digunakan yaitu mengenai tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, setelah data dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu mengenai reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi) dan kemudian mengenai analisis data kuantitatif akan diolah menggunakan rumus statistik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar negeri Keleyan 4 dengan jumlah siswa 25 orang yaitu siswa laki laki berjumlah 11 orang dan siswa perempuan berjumlah 14 orang dengan rentan usia 10-11 tahun. Hasil penelitian menyatakan siswa kurang dan sulit menerima materi, pelaksanaan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan sintaksnya.Hasil test membuktikan bahwa sekitar 25 siswa ada siswa yang tidak tuntas yaitu 14 dalam pembelajaran matematika untuk mencapai KKM. Penarikan simpulan dalam studi pendahuluan ini dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran matematika kurang sesuai yang mengakibatkan hasil belajar siswa tidak tercapai secara maksimal.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Metode Pembelajaran, Siswa Kelas V SD

 

 

ABSTRACT

The purpose of the research in this preliminary study is to find out how much the students' abilities are based on the learning outcomes and the teaching and learning process carried out by the teacher and students. This study uses a qualitative research design where the instruments used are about tests, observations and documentation.  Data analysis techniques using qualitative and quantitative approaches, after the data collected will then be analyzed using qualitative descriptive data analysis techniques that are about data reduction, data presentation and drawing conclusions (verification) and then regarding quantitative data analysis will be processed using statistical formulas. The subjects of the study were grade V students of Keleyan 4 public elementary school with 25 students, namely 11 male students and 14 female students with a vulnerable age of 10-11 years.  The results of the study stated that students were lacking and difficult to accept the material, the implementation of learning methods that were not in accordance with the syntax. The test results proved that about 25 students there were students who were incomplete ie 14 in learning mathematics to achieve KKM. Withdrawal of conclusions in this preliminary study can be said that the learning methods applied to mathematics learning are not appropriate which results in student learning outcomes not being achieved optimally.

 

Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Learning Methods, Student Class V Elementary School


Full Text:

PDF

References


Antonius Cahya Prihandoko. 2006. Memahami konsep matematika secara benar dan menyajikanya dengan menarik. Jakarta: depertemen pendidikan nasional derektorat jendral pendidikan tinggi direktorat ketenagaan.

Badriah, Ummul. 2017.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas VII-A MTs Aziddin Medan Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Nedan.

Citra R.H dan Suprayitno .2013. Penerapan Strategi Mind Map Untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan guru sekolah dasar, Vol 1 No 2, FKIP Unesa. Pages 0-216.

Mastiawati.2019.Upaya Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map Pada Siswa Kelas V SD Negeri Beriwit-7, Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), Vol 3 No. 11, page 1476-1491.

Mujtahidin. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan: UTM Press.

Nur dan Budiyono. 2018. Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 6 No 3, FIP Unesa.

Ratu Ilma Indah Putri, Pembelajaran Materi Bangun Datar Melalui Cerita Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia ( PMRI) di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 18 No 2. FKIP Universitas Sriwijaya.

Satrio dan Ika.2018. Problematika Pembelajaran Matematika Dengan Implementasi Dwi Kurikulum Pada Kelas VI SDN Sumberingin Jombang,Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 6 No 2, FIP Unesa. Pages 89-98.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta, 2010)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.