Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Padang I

Istiqomah Istiqomah, Siti Jamilatun

Abstract


 ABSTRAK

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Padang I melalui penerapan pembelajaran Course Review Horay.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Padang I sebanyak 25 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan dengan tingkat kemampuan heterogen. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Tindakan dikatakan berhasil jika jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada ulangan harian I dan ulangan harian II. Dari analisis kualitatif deskriptif naratif terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari skor dasar dengan persentase 59,6%, ulangan harian I dengan persentase 69,92 %, dan ulangan harian II dengan persentase 75,8%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan pembelajaran pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Padang I pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020.

       

Kata kunci: Hasil Belajar, Course Review Horay, Penelitian Tindakan Kelas

 

 

ABSTRACT

This study was classroom action researc. It aimed to improve the students’ mathematics achievements in the fourth grade of SD Negeri Padang I through the implementation of Course Review Horay. Subjects of the research were 25 students that consisted of 13 males and 12 females who had heterogeneous achievement levels. This study consisted of two cycles which had four stages, namely planning, acting, observing, and reflecting. The instruments in collecting data were observation sheets and the mathematics test results. The action stated to be successful when the amount of students who reached the minimum passing grade increased from the first quiz and second quiz. Based on the narrative descriptive qualitative analysis, there was an improvement of learning process in cycle I into cycle II. The results revealed that the amount of students who reached minimum passing grade increased 59,6%, the first quiz percentage was 69,92%, and the second quiz percentage was 75,8%. Based on this result, it was concluded that the implementation of  Course Review Horay could improve the students’ mathematics achievements in the fourth grade of SD Negeri 1 Padang academic year of 2019/2920.

 

Keywords: Learning Achievement, Course Review Horay, Classroom Action Research

 


Full Text:

PDF

References


Dr.HM. Musfiqon, M., & Nurdyansyah, S. (2015). Pendekatan pembalajaran Saintifik . Sidoarjo: Nizamia Learning Center Sidoarjo.

haloprofesi.com, A. (2019, Mei 25). Halo Profesi sharing platrom. Retrieved from Halo Profesi: https://www.haloprofesi.com/2019/05/download-rpp-matematika-kelas-4-sdmi-k.html

Kusnandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru . Jakarta : Rajawali Pers.

Rubiyanto, R. (2011). Metode Penelitian Pendidikan . Surakarta: Qiant.

Yuliati, D. (2012). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa SD. media. neliti , 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.