Aplikasi Schoology untuk Peningkatan Hasil Belajar di MA Assulaimaniyah Mojoagung Jombang

Rani Jayanti, Suesthi Rahayuningsih

Abstract


ABSTRAK

Aplikasi schoology merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, yang dapat diunduh siapapun dan dimanapun. Aplikasi schoology ini sangat mudah untuk dipelajari dan diterapkan di sekolah. Tetapi aplikasi schoology ini juga harus diimbangi dengan gedget maupun alat elektronik lainnya. Tujuan dalam  penelitian ini untuk peningkatan hasil belajar di kelas X di MA Assulaimaniyah Mojoagung, dengan materi Teks Anekdot yang dikaitkan  dengan aplikasi schoology yang memudahkan dan mendukung peserta didik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini PTK dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan sebelum peserta didik menggunakan aplikasi schoology dalam pembelajaran menulis teks anekdot dianggap kurang. Tetapi, setelah peserta didik menggunakan aplikasi schoology peserta didik mengalami peningkatan menulis teks anekdot. Peningkatan ini didasarkan pada rata-rata yang di dapat dari 74.86% menjadi 84.86%.

 

Kata kunci: Hasil belajar, MA Assulaimaniyah, Aplikasi schoology

 

 

ABSTRACT

Schoology application is one of the media that can be used for distance learning, which can be downloaded by anyone and anywhere. This schoology application is very easy to learn and apply in school. But this schoology application must also be balanced with gedget and other electronic devices. The purpose of this study is to improve learning outcomes in class X in MA Assulaimaniyah Mojoagung, with anecdotal text material associated with schoology applications that facilitate and support learners in learning. The method used in this research is CAR with a qualitative descriptive method. Research results obtained before students use the schoology application in learning to write anecdotal texts are considered to be lacking. However, after students use the schoology application, students experience an increase in writing anecdotal texts. This increase is based on the average obtained from 74.86% to 84.86%.

 

Keyword: Learning Outcomes, MA Assulaimaniyah, Schoology Application


Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyo & Pathoni, Hairul. 2014. Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. Jambi: Universitas Jambi.

Angkowo R. dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Bulatau, S. J. 2003. Teknik Diskusi Kelompok. Yogyakarta: Kanisius.

Fatimah, Nuraini. 2013. Teks anekdot sebagai sarana pengembangan kompetensi bahasa dan karakter siswa. Jurnal PBSI FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, hlm. 3.

Firmansyah, B H. 2015. Pengembangan Blended Learning Berbasis Schoology. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM, 3(8): 86-102.

Fitrianingsih, A., dkk. (2020). Mengelola kelas online dengan aplikasi schoology. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 1-11. Doi 10.30998/jurnalpkm.v3i1.5212.

Haryanti. 2015. Peningkatan kemampuan menulis teks anekdot dengan media gambar karikatur pada siswa kelas X MAN Purwerejo tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal FKIP Universitas Muhammadiyah Purwerejo, hlm. 21.

Hasanah, Nur. 2016. E-learning dengan Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Pendidikan Fisika. Universitas Lampung. Vol. 2 No. 4 Hal.1-11.

Hasanudin, C. (2020). E-Learning schoology: Bagaimana peran dan implementasi pada pembelajaran masa pandemi covid-19? Dalam F. Y. Misilu, W. P. Harun, & S. N. Gude (eds.), Prosiding Seminar Nasional Hardiknas Belajar dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional oleh Ideas Publishing, Gorontalo, Indonesia. Retrieved from http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/13/13.

Iskandarwassid, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Kridalaksana, Harimurti. 2012. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Gravindo Persada.

Kurniawan, Khaerudin. 2016. Bahasa Indonesia keilmuan untuk perguruan tinggi. Bandung: Refika Aditama.

Moleong Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noviantoro, Arista. 2010. Peningkatan Keterampilan Diskusi dengan Teknik Trial by Jury pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Turi. Skripsi S1. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: FBS UNY.

Nuraini, Fatimah. 2013. Teks Anekdot Sebagai Sarana Pengembangan Kompetensi Bahasa dan Karakter Siswa. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saddhono, K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. (2019). The ability to think creatively on SSCS using schoology Apps, how is the student’s language metacognitive awareness? Ingénierie des Systèmes d’Information, 24(4): 367-375. Doi https://doi.org/10.18280/isi.240402.

Semi, M. Atar. 2012. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Suputra, Agung Gede. 2014. Kemampuan memproduksi teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 1 Bongomeme. Artikel FSB Universitas Negeri Gorontalo. hlm. 4.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai salah satu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yustinah. 2014. Produktif berbahasa Indonesia untuk SMK/MAK kelas X. Bandung: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.