Identifikasi Partisipasi Siswa Kelas IV SD Negeri Junganyar 2 dalam Pembelajaran Matematika

Firda Noor Jannah, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi partisipasi siswa kelas IV SD Negeri Junganyar 2 dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan  penelitian survey. Sampel pada penelitian ini meliputi 14 siswa dan guru kelas IV SDN Junganyar 2. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa kelas IV SD Negeri Junganyar 2 dalam pembelajaran matematika tergolong masih sangat kurang dan penerapan model pembelajaran kooperatif yang diterapkan oleh guru belum maksimal dan belum sesuai dengan sintak sehingga membuat siswa cenderung lebih pasif dan hanya mengandalkan ketua kelompok. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran yang tidak maksimal akan mempengaruhi partisipasi siswa dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Partisipasi siswa, kelas IV, Pembelajaran, Matematika

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to identify the participation of grade IV students of SD Negeri Junganyar 2 in learning mathematics. The research method in this study uses survey research. The sample in this study included 14 students and fourth grade teachers at SDN Junganyar 2. The instruments used were interviews and observation. The results showed that the level of participation of grade IV students of SD Negeri Junganyar 2 in mathematics learning was classified as very lacking and the application of the cooperative learning model applied by the teacher was not optimal and not in accordance with syntax so that made students tend to be more passive and only relied on group leaders. The conclusion of this study is that the application of learning models that are not optimal will affect student participation in learning.

 

Keywords: student participation, class IV, Learning, Mathematics

 

 


Full Text:

PDF

References


Anisah & Lastuti, S. 2019. Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Calon Guru SD di STKIP Taman Siswa Bima dan Cara Pengembangannya. Jurnal Pendidikan MIPA, 9 (2), 101. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.217

Anggoro. R. P. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan TAI dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (1).

Creswell, J.W. 2014. Research Design, Qualitative, Quantitativ, and Mixed Methods Approaches, Sage, Los Angeles.

Ikasari, J., Nissa, I.C., Juliangkary, E. 2017. Identifikasi Bentuk Partisipasi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Berbasis ELPSA. Media Pendidikan Matematika, 5 (2).

Mustaja, M. 2012. Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 1 (1).

Sudarma, K & Sakdiyah, E.M. 2007. Pengaruh Motivasi, Disiplin, Dan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Stephani, M.R. 2016. Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Higher Order Thinking Melalui Gaya Mengajar Guideddiscovery Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. JPJO, 1 (2). DOI 10.17509/jpjo.v1i2.10911.

Torio, M. Z. C. 2015. Development of Instructional Material Using Algebra as a Tool in Problem Solving. International Journal of Education and Research, 2(1).

Taniredja, T., Pujiati, I & Nyata, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Zulfikar. M. L & Budiana Dian. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.