Studi Pendahuluan Identifikasi Hasil Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN 4 Socah

Eka Dhinia Prastika, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan menggunakan Model 3M pada siswa kelas I SDN 4 Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas I SDN 4 Socah yang berjumlah 34 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah upaya peningkatan keterampilan menulis permulaan di siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan Observasi, Tes (unjuk kerja), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis permulaan dengan menggunakan Model 3M siswa kelas I SDN 4 Socah dilakukan dengan langkah; 1) Guru menyajikan pelajaran, 2) Guru membagikan Lembar Latihan untuk siswa, 3) Siswa mengerjakan Lembar Latihan. Keterampilan menulis permulaan ini dapat ditingkatkan dengan Model 3M. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II.

 

Kata kunci: : Keterampilan Menulis Permulaan, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar.

 

 

ABSTRACT

This study aims to improve initial writing skills using the 3M Model in grade 1 students of SDN 4 Socah Bangkalan Regency. This research is Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were all students of class I of SDN 4 Socah, totaling 34 students. The object of this research is an effort to improve the beginning of writing skills in first grade students. This study uses a Kemmis and Mc research design. Taggart. The method used for data collection is to use Observation, Test (performance), and documentation. The data analysis technique used is qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. The results of this study indicate that the improvement of initial writing skills by using the 3M Model of class I students at SDN 4 Socah is done in steps; 1) The teacher presents the lesson, 2) The teacher distributes Exercise Sheets to students, 3) Students work on the Exercise Sheets. This initial writing skills can be enhanced with the 3M Model. This is evidenced by the comparison of the percentage of students completeness in Prasiklus, Cycle I, and Cycle II.

 

Keywords: Beginning Writing Skills, Learning Outcomes, Elementary School Students.

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Darmiyati Zuchdi & Budiasih.(1996). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Depdikbud.

Hidayah Wahni. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Buku Harian Siswa Kelas I A AS N Plebengan Sidomulyo Bantul Tahun 2015/2016â€

Mulyono Abdurrahman. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Resmini, N. dkk. 2010. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta: Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.