Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas III SDN Buluh 2

Edy Prasetyo, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Pendidikan jasmani yaitu salah satu bidang yang di dalam ilmunya menggunakan banyak praktik dan sarana olahraga dalam pembelajarannya. Pada pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK) hal pokok dalam pembelajarannya yaitu selalu menggunakan sarana olahraga sehingga anak bergerak sebagai kebutuhan anak agar tubuhnya selalu bugar dan sehat. Kita tidak boleh menganggap pembelajaran PJOK enteng atau ringan karena dengan fakta di lapangan akan berbeda keadaan dan apa yang kita fikirkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga di SDN Buluh 2 sehingga menemukan amasalah yang terjadi dan mengevaluasinya. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang menggunakan instrumen wawancara, observasi dan lembar pengamatan. Sampel penelitian ini adalah kelas III berjumlah 21 siswa. Data yang diperoleh dengan menggunakan instrument wawancara, obeservasi dan lembar pengamatan yang dilaksanakan pada 18 Februari 2019. Evaluasi dalam pembelajaran merupakan kegiatan mengumpulkan data untuk mengukur dan menilai apakah tujuan kegiatan pembelajaran telah dicapai dan pada akhirnya digunakan untuk pengambilan keputusan.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran PJOK

 

 

ABSTRACT

Physical education is one of the fields of science that in practice uses sports facilities in the delivery of learning material. In learning Physical Education Sports and Health (PJOK) the main things in learning are children moving so that motion is one of the needs of children, indirectly the child's fitness is maintained. We should not take PJOK learning lightly or lightly because the facts on the ground will differ in circumstances and what we think. The purpose of this study is to check any problems in the bring about of physical sports and health education in Class III of SDN Buluh 2. The method of this study uses descriptive qualitative methods that use interviews, observations and observation sheets. The sample of this study was class III totaling 21 students. Data obtained using interview, observation and observation sheets conducted on 18 February 2019. Evaluation in learning is an activity to collect facts to measure and assess whether the goals of learning activities have been achieved and ultimately used for decision-making.

 

Keywords: Evaluation, Learning, PJOK learning implementation


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002 . Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Danang Aji Setyawan. 2013. Survei Proses Pelaksanaan Evaluasi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Oleh Guru Di Smp Negeri Se-Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Mareta Vega Sceisarriya. Problematika Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Malang.

Samsudin.2008.Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs.Jakarta:Litera

Subagiyo. 2008 . Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.