Kurikulum dan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Apa dan Bagaimana?

Dwi Erna Novianti

Abstract


ABSTRAK

Pandemi Covid 19 yang tengah melanda diseluruh belahan dunia tidak terkecuali di Indonesia berdampak terhadap berbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor kehidupan yang terdampak pandemi ini adalah sektor pendidikan. Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan dalam dunia pendidikan dalam hal proses pembelajaran. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka, berubah menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan di rumah, yang sering kita sebut dengan istilah School From Home (SCH) atau Learning From Home (LFH). Kebijakan ini secara otomatis berpengaruh terhadap kesiapan berbagai pihak terkait, diantaranya pemerintah sebagai pengambil kebijakan, sekolah (guru), siswa dan tidak terkecuali orang tua siswa. Lantas bagaimana kurikulum dan pembelajaran yang tepat dan sesuai di masa pandemi ini?, Berdasarkan UU No 20 Tahun 2003, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada beberapa hal yang berkaitan dengan pembelajaran diantarnya materi pelajaran, metode pembelajaran dan evaluasi yang perlu dipertimbangkan agar dapat dilaksanakan secara tepat dan sesuai di era pendemi ini. Kurikulum khusus atau kurikulum darurat selama masa pandemi menjadi sangat diperlukan. Kurikulum yang didalamnya berisi materi yang memusatkan pembelajaran bermakna, proses pembelajaran yang menyenangkan dan sistem evaluasi yang tidak mengutamakan penilaian dari segi kemampuan kognitif siswa.


Kata kunci: Kurikulum, Pandemi Covid 19

 

 

ABSTRACT

Covid 19 pandemic which is sweeping across the world is no exception in Indonesia which has an impact on various sectors of life. One sector of life affected by this pandemic is the education sector. The government in this case through the Ministry of Education and Culture makes policies in the world of education in terms of the learning process. Teaching and Learning Activities which began to be held face-to-face, turned into Distance Learning conducted at home, which we often refer to as School From Home (SCH) or Learning From Home (LFH). This policy is automatically related to the readiness of various parties involved, the government takes decisions, schools (teachers), students and parents are no exception. Then what is the curriculum and learning that is appropriate and appropriate during this pandemic? Based on Law No. 20 of 2003, the curriculum is a separate plan and discusses the objectives, content, and learning materials as well as the methods used as related guidelines. Based on this understanding, there are a number of things related to the learning material delivered, the learning and learning methods that need to be done in order to be carried out appropriately and appropriately in this era of the epidemic. Special curriculum or emergency curriculum during the pandemic period become indispensable. The curriculum in it contains material that focuses on fun learning, a pleasant learning process and an evaluation system that is not in accordance with students' abilities.

 

Keywords : Curriculum, Covid 19 Pandemic.

 


Full Text:

PDF

References


Cecilia Yuliana. (2019). Project Based Learning , Model Pembelajaran Bermakna Di Masa Pandemi Covid 19. 1–10.

Kebudayaan, K. P. D. (2020). Pedoman Pei.Iyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus D/Sease (Covid-19).

https://nasional.sindonews.com/read/78296/144/siapkan-kurikulum-masa-pandemi-kemendikbud-buat-modul-belajar-mandiri-1592870786 diakses tanggal 29 Juni 2020

http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/praktek-baik-sebagai-alternative-penilaian-sikap-dan-ketrampilan-saat-bdr-dimasa-pandemi-covid-19 diakses tanggal 30 Juni 2020

https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/06/09/sederhanakan-kurikulum-pendidikan-saat-pandemi-covid-19/ diakses tanggal 29 Juni 2020

https://mediaindonesia.com/read/detail/298260-belajar-di-masa-pandemi.html diakses tanggal 1 Juli 2020

https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534 diakses tanggal 30 Juni 2020

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Co Ro Naviru S D/Sease (Covid- 1 9). 4–6.

Nafiah, Y. N., Suyanto, W., & Yogyakarta, U. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan The Application Of The Problem-Based Learning Model To Improve The Students Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edisi Khusus, (2), 79–85.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.