Identifikasi Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas I SD Negeri Socah 2 Bangkalan

Dicza Fadlullah, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan utama dari penelitian  ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas I  SDN Socah 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrument wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan wali kelas I, observasi dilakukan peneliti saat pembelajaran berlangsung, dan dokumentasi dilakukan setelah guru memberikan tes kepada siswa kemudian hasil tes berupa dokumentasi yang diteliti oleh peneliti. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas I, dengan jumlah 8 siswa laki-laki  dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2020 dimana peneliti melaksanakan wawancara, observasi dan dokumentasi guna mengumpulkan data. Hasil wawancara dan observasi dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam membedakan bangun datar sangat rendah, serta didukung oleh model pembelajaran yang kurang inovatif dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika setelah dilaksanakan tes oleh guru dari 15 siswa yang tuntas mendapatkan nilai diatas KKM hanya 5 siswa. Dengan KKM sekolah yang sudah titetapkan yaitu 60. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas I SDN Socah 2 yakni dengan presentase ketuntasan 33%.

 

Kata kunci : Hasil belajar, bangun datar, kelas I

 

 

ABSTRACT

The main objective of this research is to find out the learning outcomes of mathematics subject matter in the flat figure material of class I students of SDN Socah 2. The method used in this research is descriptive qualitative method. This research uses interview, observation, and documentation instruments. Interviews were conducted by researchers with the guardians of class I, observations made by researchers while learning took place, and documentation was conducted after the teacher gave a test to students then the test results in the form of documentation studied by researchers. The sample of this study consisted of 15 class I students, with a total of 8 male students and 7 female students. The research was carried out on March 6, 2020 where researchers conducted interviews, observations and documentation in order to collect data. The results of interviews and observations can be seen that the ability of students to distinguish flat builds is very low, and is supported by less innovative learning models and the lack of use of instructional media that can cause low student learning outcomes. The results of this study indicate that the results of learning mathematics after the test carried out by the teacher of 15 students who finished getting grades above the KKM only 5 students. The school KKM that has been set is 60. The conclusion of this study is the low learning outcomes of Grade I students of SDN Socah 2, namely the percentage of completeness 33%.

 

Keywords: Learning outcomes, getting up flat, class I


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimin. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rikena Cipta.

Badriah, Ummul. 2017.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Di Kelas VII-A MTs Aziddin Medan Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara Nedan.

Fahrurrozi, dan Hamdi, Syukur. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi.

Hakim, Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadya Nusantara.

Isrok’atun. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Isrok’atun, dkk. 2020. Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integrative Melalui Situation-Based Learning. Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mujtahidin. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan: UTM Press.

Rukajat, Ajat. 2018. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudjana, Nana. 2099. Penelitian Pendidikan dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Alge.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.