Identifikasi Kemampuan Membaca dan Memahami Teks pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah

Dian Natalia, Agung Setyawan, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian dilakukan untuk mengetahui kemampuan membaca pada siswa kelas III. Penelitian dilakukan dengan pengambilan studi pendahuluan serta metode pengumpulan data menggunakan tes lisan, lembar observasi untuk mengamati kemampuan membaca pemahaman siswa dan metode dokumentasi. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu guru dan siswa sedangkan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Buluh 3 Socah sebanyak 30 siswa dengan 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian ini pada tanggal 21 Februari 2020, penelitian diawali dengan wawancara bersama guru kelas. Kemudian pada tanggal 04 Maret 2020 yaitu melaksanakan observasi dalam pelaksanaan pembelajaran dan memberi angket pada siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan pengambilan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif secara deskriptif. Dari hasil observasi dan test yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 8 siswa yang lolos dalam tes membaca dan memahami teks, sehingga 22 siswa lainnya masih kurang mampu dalam membaca dan memahami teks. Dari hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa model belajar yang digunakan guru kurang tepat tepat sehingga siswa kurang memahami teks bacaan yang sedang dibaca.

 

Kata kunci: Kemampuan Membaca, Model Pembelajaran, Bahasa Indonesia

 

 

ABSTRACT

The study was conducted to determine the ability to read in class III students. The study was conducted by taking a preliminary study and data collection methods using oral tests, observation sheets to observe students' reading comprehension skills and documentation methods. The focus of this research is the teacher and students while the research subjects are all students of class III SDN Buluh 3 Socah as many as 30 students with 17 male students and 13 female students. When the research was conducted on February 21, 2020, the study began with interviews with class teachers. Then on March 4, 2020 that is conducting observations in the implementation of learning and giving questionnaires to students. Data collection techniques used were interviews, observation and questionnaire taking. The data analysis technique used is descriptive qualitative data analysis technique. From the results of observations and tests conducted showed that there were 8 students who passed the test to read and understand the text, so that the other 22 students were still less able to read and understand the text. From the results of these tests it can be concluded that the learning model used by the teacher is not quite right so students do not understand the reading text being read.

 

Keywords: Reading Ability, Learning Model, Indonesian Language


Full Text:

PDF

References


Aida, S., Nasirun, N., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Negeri Pembina 2 Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BENGKULU).

Arikunto Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, S., Samadhy, U., & Sismulyasih, N. (2012). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Siswa Kelas IVA SDN Sekaran 01 Semarang. Joyful Learning Journal, 1(1).

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29-37.

Henry Guntur Taringan. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95.

Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54.

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 30-42.

Mulyono Abdurrahman. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Negeri, S. D. (2017). Upaya peningkatan keterampilan membaca intensif dengan menggunakan cooperative learning kelas v sd negeri 11 tebat karai. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 2.

Novi Resmini, dkk. 2006. Membaca dan Menulis Di SD: Teori dan Pengajarannya. Bandung: UPI PRESS.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media.

Widyastuti, A. (2018). Analisis Tahapan Perkembangan Membaca Dan Stimulasi Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. PAEDAGOGIA, 21(1), 31-46.

Zuhari, A. E., Djumhana, N., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Metode Guide Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 11-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.