Mengajar yang Efektif pada Siswa SDN Keleyan 1

Cahya Putri Octaviana, Elsa Agustin, Nurin Nisa, Yossy Pitaloka, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Ada banyak hal yang menjadi faktor keberhasilan dalam proses belajar mengajar di sekolah, salah satunya adalah perlunya pengelolaan kelas yang efektif,desain lingkungan fisik kelas, penciptaan lingkungan yang positif untuk pembelajaran, guru menjadi komunikator yang baik, dan pengelolaan perilaku siswa yang bermasalah. Penciptaan pembelajaran yang efektif sangatlah diperlukan dalam proses belajar mengajar, hal ini dikarenakan pembelajaran yang efektif akan berpengaruh pada hasil belajar siswa serta tujuan pembelajaran yang akan didapatkan oleh siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pendidik dapat menemukan indikator dari pembelajaran yang efektif serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta pembelajaran yang telah ada. Oleh karena itu, diperlukan perhatian khusus pada penciptaan pembelajaran yang efektif serta penambahan pengetahuan pendidik maupun calon pendidik mengenai hal tersebut. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara serta pengambilan sampel angket berbatas pada kelas 1,kelas 2 dan kelas 5 SDN KELEYAN 1. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa penciptaan suasana mengajar secara efektif sangatlah penting untuk dilakukan agar dapat mencapai tujuan dari pembelajaran, seperti pada SDN KELEYAN 1 yang mengoptimalkan pembelajaran dalam kelas dengan memperhatikan segala aspek dalam lingkup pembelajarannya. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pembelajaran secara efektif dapat dilakukan jika guru dan murid bekerja sama untuk memperoleh keefektifan pembelajaran dengan memenuhi faktor-faktor tertentu seperti pengelolaan kelas yang dilaksanakan dengan efektif desain lingkungan fisik dan penciptaan lingkungan positif, guru memenuhi syarat sebagai komunikator yang baik, serta pengelolaan siswa yang bermasalah.

 

Kata kunci: pengelolaan kelas yang efektif, , guru sebagai kominikator yang baik, perilaku siswa yang bermasalah, siswa SD, guru.

 

 

ABSTRACT

There are many things that become success factors in the teaching and learning process at school, one of which is the need for effective classroom management, design of the physical classroom environment, the creation of a positive environment for learning, the teacher becomes a good communicator, and the management of problematic student behavior. The creation of effective learning is very necessary in the teaching and learning process, this is because effective learning will affect student learning outcomes and learning objectives that will be obtained by students. With this research it is expected that educators can find indicators of effective learning and can improve the quality of education and existing learning. Therefore, special attention is needed to create effective learning and increase the knowledge of educators and prospective educators about it. The study was conducted using qualitative descriptive methods with interview techniques and sampling questionnaires limited to class 1, class 2 and class 5, SDN KELEYAN 1. The results of the research conducted showed that the creation of an effective teaching atmosphere is very important to be carried out in order to achieve the objectives of learning , as in SDN KELEYAN 1 which optimizes learning in the classroom by paying attention to all aspects within the scope of learning. From the research conducted it can be seen that effective learning can be done if the teacher and students work together to obtain the effectiveness of learning by meeting certain factors such as classroom management that is carried out effectively by designing the physical environment and creating a positive environment, the teacher qualifies as a good communicator , and management of students who have problems.

 

Keywords : management of the class that effective, the teacher  as comunicator, the behavior of the student who problematic, student elementary schooll, teacher.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1992). Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evakuatif. Jakarta: Rajawali.

Abu H.A.R. (2015). Strategi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pedagogiek. 03(1).

Bogdan & Biklen, Robert. (1982). Qualitative for Education : an Instruction to Theory and Methods. Boston: Ally and Bacon.

B. Uno& Hamzah. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Daulae H.T. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Pedagogiek. 06 (2).

Harjali. Membangun Penataan Lingkungan Belajar yang Kondusif : Studi Fenomologi pada Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Ponorogo. STAIN Ponorogo.

Hiemstra, R.(1991). Creating Environtments for Effective Adult Learning. U.S: Jossey-Basc Inc.

Miarso & Yusuf, H. (2007). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Nia Munarika& Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Oliver,R.M. & Reschly D.J. (2007). Effective Classroom Management:Teacher preparation and Professional Development. Washington DC: Vanderlbit University.

Pihaniswati. (2008). Psikologi Konseling, Yogyakarta: Teras. 104.

R.C &Taylor Bogdan. (1975). Introduction to Research Methods: A Phenomenological Approach to the Social Science. New York: Willey.

Rowikarim A. (2013). Mengajar Efektif Menjadi Penentu Kualitas Guru. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 07 (1).

Syafwar F. (2016).Intervensi Penanggulangan Perilaku Bermasalah Dalam Pembelajaran. International Seminar on Education. 172-173.

W. Junita, Arfani, Sugiyono. (2014). Manajemen Kelas yang Efektif: Penelitian di Tiga Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan. 02(1).

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana. 193-211.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.