Keterkaitan antara Perkembangan Peserta Didik dengan Faktor Teman Sebaya

Putri Sembada Nani, Astri Hartatik, Ummi Karimah, Mohamad Alvian Hadi Arahman, Hafiyah Hafiyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara perkembangan peserta didik karena faktor teman sebaya di SDN Buluh 2 Kec. Socah. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dimana instrument yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah wali kelas dari kelas 1 serta siswa – siswi kelas 1 SDN Buluh 2 Kec. Socah yang telah dipilih dan sekiranya bisa dilakukan untuk wawancara. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini berupa hasil wawancara yang menunjukan bahwa teman sebaya memiliki pengaruh positif dan negatif terhadap perkembangan anak. Teman sebaya ini mempengaruhi anak baik di sekolah maupun dalam lingkungan tempat tinggalnya. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah teman sebaya memberikan pengaruh terhadap perkembangan peserta didik. Baik dari segi proses belajar maupun karakter.

 

Kata kunci: Perkembangan peserta didik, teman sebaya

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to determine the relationship between student development due to peer factors at SDN Buluh 2 Kec. Socah. This research method uses descriptive qualitative where the instruments used are interviews, observation and documentation. The subjects used in this study were the homeroom teacher from class 1 and students in grade 1 SDN Buluh 2 Kec. Socah that has been selected and if possible can be done for an interview. The results obtained in this study in the form of interviews that show that peers have positive and negative influences on children's development. These peers affect children both in school and in their neighborhoods. The conclusion from the research conducted is that peers influence the development of students. Both in terms of the learning process and character.

 

Keywords: student development, peers


Full Text:

PDF

References


Sarmin. (2017). Konselor Sebaya: Pemberdayaan Teman Sebaya Dalam Sekolah Guna Menanggulangi Pengaruh Negatif Lingkungan. Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 102.

Tusyana, E., Rayi, T., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Sosio Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Inventa, III (1), 20-21.

Pranandari, I.W., I, Nyoman S.D., Fattah H. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Pengelolaan Kelas, Hubungan Teman Sebaya (Peer Relationships), dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 480-485.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academia. 1(2),187.

Wahyuni, N.S. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kemampuan Bersosialisasi pada Siswa SMK Negeri 3 Medan. Diversita, 2(2), 2.

Hulukati, W. (2015). Peranan Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Anak. Musawa, 7(2), 271.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.