Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan

Aminatum Mufidah, Agung Setyawan

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) Kesulitan belajar matematika pada kelas IV Semester Gasal di SDN Bancaran IV Bangkalan Madura, 2) Karakteristik kesulitan belajar matematika yang yang ada pada kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan, 3) Faktot penyebab utama kesulitan belajar matematika pada Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan, 4) Cara mengatasi kesulitan belajar yang ada pada kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatis  dimana instrument yang digunakan adalah wawancara, lembar pengamatan, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sampel dari penelitian ini adalah 38 siswa kelas IV SDN Bancaran 4 dengan 17 perempuan dan 21 laki-laki. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Materi yang dianggap sulit adalah materi KPK dan FPB, perkalian, pembagian, bilangan bulat, serta bilangan prima 2) Karakteristiknya adanya ganguan dalam memori, urutan materi, keabstrakan, serta banyak siswa yang belum bisa membaca dan kesulitan berbahasa , 3) Faktor penyebabnya karena motivasi dan minat belajar yang rendah, dukungan yang rendah dari orang tua, pembelajaran konvensional dari guru serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan, 4) Cara yang digunakan guru antara lain melakukan hafalan perkalian dan pembagian setiap pagi, memberikan soal latihan, remedial, melakukan bimbingan secara privat di sekolah.

 

Kata kunci: Karakteristik, Kesulitan belajar, Matematika

 

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe: 1) Difficulty of learning mathematics in class IV Odd Semester in SDN Bancaran IV Bangkalan Madura, 2) Characteristics of mathematics learning difficulties that exist in class IV SDN Bancaran 4 Bangkalan, 3) Factors of the main causes of learning difficulties in mathematics in Class IV SDN Bancaran 4 Bangkalan, 4) How to overcome the learning difficulties that exist in class IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. This research method uses descriptive qualitative where the instruments used are interviews, observation sheets, test results and documentation. The sample of this study was 38 fourth grade students of SDN Bancaran 4 with 17 women and 21 men. Data were analyzed by steps of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that: 1) Materials that were considered difficult were KPK and FPB material, multiplication, division, integers, and prime numbers 2) Characteristics of disturbances in memory, sequence of material, abstract, and many students who could not read and had difficulty in language , 3) The causes are due to low motivation and interest in learning, low support from parents, conventional learning from the teacher and the lack of instructional media used, 4) Ways used by teachers include memorizing multiplication and division every morning, giving practice questions , remedial, do private tutoring in schools.

 

Keywords: Characteristics, Learning difficulties, Mathematics

 


Full Text:

PDF

References


Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI, 9 (1), 37-50.

Dhiana, A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (5), 169-182.

Ilyas. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Homeschooling. Journal of Nonformal Education, 2 (1), 91-98.

Nugroho, W. (2019). Pengaruh Layanan Mediasi Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Gondangrejo. Jurnal Medi Kons, 5 (2), 103-114.

Salamah, N.N., Sujadi, A.A. (2018). Analisis Kesalahan Pengerjaan Soal Matematika Materi FPB dan KPK Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kyai Mojo. Trihayu:Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5 (1), 493-500.

Sari, E.Y., Windari, G. E. (2019). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV di SDN Ii Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmia Pendidikan Dasar ,4 (1), 111-124.

Suhartini. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Soal Cerita KPK dan FPB Siswa Kelas 5 SDN Lirboyo 4 Kediri Tahun Ajaran 2016-2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Mandiri, 2 (2), 1-12.

Wantika dan Nasution, S.P. (2019). Analisis Kesulitan Belajar dalam Memahami Kecemasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematikai, 2 (1), 49-57

Waskitonintyas, R.S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5 (1), 24-32.

Widyasari, N. D., Meter, I. G., Oka, G. A. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. Jurnal PGSD, 3 (1), 1-11.

Yeni, E.M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2 (2), 1-10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.