Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Matematika Siswa SD

Agung Setyawan, Mumtazah Fahriyah, Fatihatul Hasanah Kamilaini, Dila Nur Musdalifa, Almirah Inas Tsabitah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berjumlah 4 orang yang bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap pembelajaran matematika di kalangan siswa, penelitian yang dilakukan di SDN Banyuajuh 2. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif  dengan pendekatan deskriptif pada fenomena sosial yang terjadi di lingkunan sekitar. Instrumen yang digunakan pada penelitian disini ialah instrumen wawancara dan lembar observasi untuk mengukur gaya belajar maupun keterampilan berpikir siswa terhadap pembelajaran matematika. Pendidikan sangat penting bagi seseorang agar kelak mereka bisa mencapai cita-citanya tanpa adanya pendidikan semuanya tidak akan tercapai atau terpenuhi demikian pula pada pembelajaran Matematika yang merupakan peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia agar dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Banyak siswa SD yang kurang minat terhadap pembelajaran matematika sehingga prestasi belajarnya yang menurun. Hal ini disebabkan beberapa faktor  diantaranya pada gaya belajar yang tidak cocok pada pola berpikir siswa juga keterampilan belajarnya sehingga prestasi belajar pada pembelajaran matematika menurun dan tidak memperoleh pembelajaran secara maksimal dan efektif. Tentu halnya prestasi belajar berperan penting dalam pendidikan setiap seorang pendidik maupun siswa menginginkan prestasi belajar siswanya tinggi atau tercapai. Banyak diantara mereka memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda dan juga tidak cocok terhadap siswa sehingga membuat mereka kurang minat pada pembelajaran matematika. Semakin cenderung  siswa terhadap gaya belajar yang diberikan semakin rendah juga minat siswa terhadap pembelajaran matematika.

 

Kata kunci: Gaya belajar, Prestasi belajar, Siswa SD, Pembelajaran Matematika

 

 

ABSTRACT

The study is conducted on a total of 4 individuals who aim to analyze and identify the impact the learning style will have on student mathematics, a study conducted at SDN Banyuajuh 2. The research method used is qualitative research methods with a descriptive approach to social phenomena occurring in the vicinity. The tools used in research here are interview instruments and observation sheets to measure both student learning and thought skills against math study. Education is essential to a person's attaining a goal in the future without education, as is the case with math that isa vital role in human life in order to apply it in everyday life.Many elementary school students with little interest in math and reduced performance in studies. This is because a number of factors include learning styles that do not fit a student's thinking pattern as well as learning skills so that learning ability degrades and does not achieve maximum and effective learning. Of course, the achievement of learning plays an important role in the education of each educator as well as student would want the achievement of learning to be a high or achieving student. Many of them have different learning styles and are also disproportionate to students and thus make them less interested in math study. The more students tend to the learning styles given, the lower the students' interest in math study

 

Keywords: Learning style, Learning performance, Elementary student, Math study


Full Text:

PDF

References


Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1). 51-58.

Sit, Masganti. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Medan:Perdana Publishing.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, XI(1), 85-99.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 186-196.

Afandi, Muhamad., Evi Chamalah., dan Oktaria Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang:UNISSULA PRESS.

Hartati, L. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(3). 224-235.

Ananda, N., Fauzi, M.,dan Yamin, M. Gaya berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas IV di MIN Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1). 1-7.

Khoirima, N. (2018). Psikologi Kepribadian dalam Pendidikan di Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1). 97-113.

Kusramadhanty, M., Hastuti, D., dan Herawati, T. (2019). Tempramen dan Praktik Pengasuhan Orang Tua Menentukan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Prasekolah. Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2). 258-277.

Chandra., Mayarnimar.,dan Habibi, M. (2018). Ketrampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Vark untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1). 72-80.

Frengky. Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 35(2). 151-163.

Ain, N., Kurniawati, M. Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan. 316-328.

Assyari, Sularsih, Husyairi, M. Cakap dan Kreatif Mendidik.Tasikmalaya Jawa Barat. Edu Publisher.

Imam Sibawaih dan Anita Tri R.“Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Gaya Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Kharismawita Jakarta Selatanâ€.Education.

Dwi Avita Nurhidayah. “Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SMPâ€. Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.