Keefektifan Pembelajaran Daring terhadap adanya Virus Covid 19 dalam Perspektif Sosiologi

Agustin Rizki Widyandi, Tyasmiarni Citrawati

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka melalui platform yang telah tersedia. Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan teknologi informasi komunikasi untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring. Saat ini instansi pendidikan mengalih pertemuan kelasnya dengan pertemuan daring ataupun tugas rumah untuk meminimalisir pertemuan satu sama lain disuatu ruangan yang sama dalam jarak yang dekat serta menghindari kerumunan. Sedangkan di perguruan tinggi, mengalih pertemuan kelasnya dengan pembelajaran daring dan tugas daring. Covid – 19 sebagai gejala sosial, kontak sosial menggunakan kontak sekunder yaitu menggunakan perantara melalui teknologi dalam pertemuan kelasnya, sebisa mungkin dapat memanfaatkan teknologi dalam pertemuan pembelajaran secara offline dengan baik. Menurut perspektif sosiologi, untuk belajar di rumah sudah tepat dilakukan dalam kondisi seperti saat ini. Dalam ilmu sosiologi, interaksi antar manusia itu tidak harus bertemu langsung, tidak harus bersentuhan atau tatap muka langsung. Interaksi bisa melalui media cetak, teknologi, dan media sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran daring terhadap adanya virus covid 19 dalam perspektif sosiologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan borang atau angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat situasi dan kondisi saat ini, pembelajaran daring efektif digunakan dan sangat membantu meskipun antara pengajar dan siswa terhalang jarak dan pembelajaran dilaksanakan dengan online. Dan untuk perspektif sosiologi sendiri kebanyakan siswa memilih tindakan untuk belajar dirumah pada saat kondisi seperti ini.

 

Kata kunci : pembelajaran daring, virus covid 19, perspektif sosiologi

 

 

ABSTRACT

Online learning is learning that is done without making face-to-face meetings through an available platform. Online learning is the use of communication information technology for the implementation of online learning activities. At present the education agency is diverting class meetings with online meetings or home assignments to minimize meeting each other in the same room in close proximity and avoiding crowds. While in college, diverting class meetings with online learning and online assignments. Covid - 19 as a social symptom, social contact uses secondary contact that is using intermediaries through technology in class meetings, as much as possible can utilize technology in offline learning meetings properly. From a sociological perspective, learning at home is appropriate in the current conditions. In the science of sociology, interaction between humans does not have to meet face to face, do not have to touch or face to face. Interaction can be through print media, technology, and social media. The research method used in this research is the literacy study. This study aims to improve the effectiveness of online learning for the presence of the covid 19 virus in a sociological perspective. Data collection techniques are done using forms or questionnaires. The results showed that in the current situation and condition, effective online learning is used and is very helpful even though teachers and students are blocked by distance and learning is done online. And for the perspective of sociology itself, most students choose action to study at home during these conditions.

 

Keywords : online learning, covid virus 19, sociology perspective

 


Full Text:

PDF

References


Batubara, Muhyi. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press, 2004.

Embun, B. (2012, April 17). Banjir Embun. Retrieved from Penelitian Kepustakaan: http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html

Mulyaningsih, I, Nurfiana, N, & Zahidin, M. A. (2017). “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset Di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia FITK, IAIN Syekh Nurjati Cirebon†dalam jurnal Indonesian Language Education and Literature, Vol. 2, No. 2 DOI http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1388.

Khan, B.H., Web Based Instruction, Educational Technology Publications. New Jersey: Englewood Cliffs, 1997).

Khaldun, Ibn. “Muqaddimah Ibn Khaldunâ€. Diterjemahkan oleh Ahmadie Thoha, Muqaddimah Ibn Khaldun. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008.

Huang, et al. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 6736(20), pp. 1-10.

https://www.alodokter.com/virus-corona diakses pada 22 Maret 2020

https://www.kompasiana.com/rezzawidiautami3362/5e7ded93097f36393028cec2/dampak-virus-corona-berimbas-bagi-pendidikan-saat-ini-di-indonesia# diakses pada 3 April 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.