Pengaruh Temperamen Siswa terhadap Gaya Berfikir dan Gaya Belajar pada Proses Pembelajaran

Nikita Tannia Dewi, Maziatus Sa'adah, Achmad Khuzairi, Ismi Tsabitah, Dela Lorensya Putri

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh temperamen siswa terhadap gaya berfikir dan gaya belajar pada proses pembelajaran siswa  kelas 1-3 di SDN 1 Tanjung Jati. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana instrumen yang di gunakan adalah wawancara dan pengamatan. Wawancara kepada guru kelas dilakukan setelah pengamatan di kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Sampel dari penelitian ini adalah 63 siswa dari kelas 1-3 di SDN 1 Tanjung Jati. Hasil dari penelitian ini adalah hasil wawancara guru kelas 1-3 menunjukkan bahwa temperamen anak ketika proses pembelajaran sangatlah menggagu siswa lain dan tempramen tersebut disebabkan oleh faktor tertentu, tetapi itu membuat anak menjadi aktif karena selalu bertanya kepada guru maupun siswa lainya dan juga malah pendiam. Hasil pengamatan di kelas menunjukkan bahwa di kelas 1-3 tempramen setiap anak berbeda-beda dan dapat mempengaruhi gaya berfikir dan gaya belajarnya, terkadang siswa nakal atau ramai di kelas untuk mencari perhatian guru agar anak tersebut diperhatikan. Tempramen siswa yang berbeda-beda memiliki pengaruh terhadap saat proses pembelajaran berlangsung, karena alasan dan faktor tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah temperamen siswa yang berbeda-beda yang di sebabkan oleh karena adanya suatu alasan dan faktor tententu mempengaruhi gaya berfikir dan gaya belajar siswa di SDN 1 Tanjung Jati.

 

Kata kunci : Tempramen siswa, gaya berpikir siswa, gaya belajar siswa, kelas 1-3.

 

Abstrak

The purpose of this study was to study the interaction of students' temperaments on thinking styles and learning styles in the learning process of students in grades 1-3 at SDN 1 Tanjung Jati. This research method uses a qualitative descriptive method that uses interviews and observation. Interviews with teachers are conducted in class during the learning process. The sample of this study was 63 students from grades 1-3 at SDN 1 Tanjung Jati. The results of this study are the results of teacher interviews in grades 1-3 showing the temperament of the child learning process combining disturbing other students and the temperament is caused by certain factors, but it makes children become active because they ask the teacher both the other students and also the quiet ones instead. The observations in class show that in class 1-3 the temperament of each child is different and can influence their thinking and learning styles, questioning naughty or busy students in class to seek the teacher's attention so that children are expected. Different students' temperament has an influence on the learning process, because of certain reasons and factors. The conclusion of this study is that different temperaments of students are caused because there are differences and certain factors affect the thinking style and learning styles of students at SDN 1 Tanjung Jati.

 

Keyword : Student temperament, student thinking style, student learning style, class 1-3.


Full Text:

PDF

References


Kusramadhnty, Melita. (2019). Temprament dan praktik pengasuhan oramngtua menentukan perkembangan social emosi anak usia prasekola. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 8 Hal 258-277. Website:http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona.

Yusuf, Syamsu. (2017). Hubungan antara pola asuh orang tua dan tipe kepribadian dengan perilaku bullyiding isekolah. Malang: university.

Masganti SIT, Dr, M.AG. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Kusramadhanty, Meilita. (2019). Temperamen dan praktik pengasuhan orang tua menentukan perkembangan sosial emosi anak usia prasekola. Jurnal Psikologi Indonesia. Vol 8 No 2 Hal 258-277. Website:http//jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/pesona.

Pelealu, Chintitya, Agisty. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dengan Tempramen Remaja. Jurnal Keperawatan. Vol 7 No 2. Penerbit JKp.

Karbono, Kemanya. (2017). Pengembangan Instrumen Temperamen (Carita) Dalam Perspektif Buddhis Berdasar Kitab Visuddhimagga (Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tingggi Keagamaan Buddha Indonesia. Jurnal Psikologi. Vol 13 No 2. Penerbit STAB.

Mauna, Binti. (2014). Psikologi Pendidikan.Tulungagung. Penerbit IAN Tulungagung Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.