Internalisasi Menangkal Radikalisme Pada Peserta Didik SMK PGRI 2 Bojonegoro

Ryan Assadurrahman, Ernia Duwi Saputri, Fifi Zuhriah

Abstract


Abstract

This research explores learning methods, educational programs, and psychosocial approaches that are effective in developing critical awareness and tolerance among students. Using qualitative and quantitative methods, this research identifies the main factors that influence the internalization process and provides recommendations for implementing educational policies that can reduce the potential for radicalization. These findings aim to provide practical guidance for educators and policy makers in creating safe and inclusive learning environments.

 

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi metode pembelajaran, program pendidikan, dan pendekatan psikososial yang efektif dalam mengembangkan kesadaran kritis dan toleransi di kalangan siswa. Dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor utama yang mempengaruhi proses internalisasi dan memberikan rekomendasi untuk implementasi kebijakan pendidikan yang dapat mengurangi potensi radikalisasi. Temuan ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif.


Keywords


Radikalisme, internalisasi, pendidikan anti-radikalisasi, peserta didik, kesadaran kritis, toleransi, pendekatan psikososial, kebijakan pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Assyura, M. N. (2023). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMA Negeri 8 Pontianak (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Afifah, N., Bengen, D. G., Sunuddin, A., & Agus, S. B. (2017). Morfometri dan Sebaran Ukuran Rajungan (Portunus pelagicus, Linnaeus, 1758) di Perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Prosiding Pusat Riset Perikanan, 31-44

Amanah dan Sarjuni (2023). Respon Guru PAI terhadap Ide Moderasi Beragama di Sekolah. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 60.

https://doi.org/10.30659/jspi.6.1.60-67

Beni, Putra Hanafi. Strategi untuk Menangani Ideologi Radikalisme dan Terorisme, Al-Imam: Jurnal Dakwah dan Manajemen, 2, (1).

https://doi.org/10.15548/jmd.v0i0.1059

Fatani, Purnomo. (2020). Penggunaan Nilai Pancasila untuk Mencegah Radikalisme Agama, Jurnal Karangan,

Riski Dinata, Ali Kuswadi, dan Muslih Qomarudin. PAI dan Al I’tibar Radikalisme: Jurnal Pendidikan Islam, 9, (2).

Hasan, Moch. S., dan Chumaidah, N. STRATEGI PEMBELAJARAN PAI ANTI-RADIKALISME DI SMP NEGERI 1 NGORO JOMBANG Al-Insyiroh: Journal of Islamic Studies, 6(1), 36–56. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i1.3815

Hasim, Moh. (2015). Kekuatan radikalisme di sekolah untuk mempelajari buku pendidikan Islam di sekolah dasar. Pendidikan: Jurnal Penelitian Agama dan Pendidikan Keagamaan, 13(2)..https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i2.242

Hilmy, Masdar. (2015 Keyakinan Keagamaan dan Politik Demokrasi di Indonesia Pasca-Resolusi. Miqut: Jurnal Ilmu Pengetahuan Islam, 39,(2)..https://doi.org/10.30821/miqot.v39i2.33

Izzah, Himmatul, Dkk, (2022), Strategi Guru PAI Cegah Nilai Tinggi pada Siswa di SMPN 1 Lamongan, Majalah Ta'alum, 1 Oktober,.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.