Dampak Motivasi Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Minat Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Parengan Kabupaten Tuban Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi

Sri Hariyanti, Budi Irawanto, Rika Pristian Fitri Astuti

Abstract


Penelitian  ini bertujuan 1) Untukimengetahui ibagaimana imotivasi ibelajar isiswa i ikelas i iXII iSMA iNegeri i1 iParengan ikabupaten iTuban iTahun iPelajaran i2022/2023, i2) iUntuk imengetahui ibagaimana idukungan iorang itua isiswa i ikelas i iXII iSMA iNegeri i1 iParengan ikabupaten iTuban iTahun iPelajaran i2022/2023, i3) iUntuk imengetahui iadakah ipengaruh iantara imotivasi ibelajar idan idukungan iorang itua iterhadap iminat imelanjutkan ike iperguruan itinggi isiswa i ikelas i iXII iSMA iNegeri i1 iParengan ikabupaten iTuban iTahun iPelajaran i2022/2023. Sampel dari penelitian  ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri Parengan yang berjumlah sebanyak 144 siswa dan peneliti mengambil sampel sebanyak 45 siswa

Hasil i iuji i iparsial i idiperoleh i inilai i isignifikansi i it i itest i ivariabel imotivasi iadalah i i6,125 i idengan i inilai i iSig i isebesar i i0,00, i idan i ivariabel i imotivasi i ikerja i isebesar i i2,337 i idengan i inilai i iSig i isebesar i i0,022. i iNilai i isignifikansi i it i itersebut i imenunjukkan i ibahwa i inilai i isignifikansi i ivariabel imotivasi i ilebih i ikecil i idari i inilai i iprobabilitas i iyang i iditetapkan i isebesar i i0,05 i idan i inilai i isignifikansi i ivariabel i imotivasi i ikerja i ilebih i ikecil i idari i inilai i iprobabilitas i iyang i iditetapkan. i isedangkan i inilai i it-hitung i i> i it-tabel i iatau i i6,125 i idan i i2,337 i i> i i1,665. i iDengan i idemikian i idapat i idisimpulkan i ibahwa imotivasi isecara i iparsial i iberpengaruh i iterhadap iminat imelanjutkan ike iperguruan itinggi ibegitu i ijuga idukungan iorang itua i isecara iparsial i iberpengaruh i iterhadap iminat imelanjutkan ike iperguruan itinggi.

Hasil i ipengujian i ihipotesis i iyang i ipertama i isecara i isimultan i idalam i ipenelitian  iini i imenunjukkan i ibahwa i inilai i isignifikansi i iuji i iserempak i i(uji i iF) i isebesar i i0,00. Dengan i idemikian i imaka i inilai i isignifikansi i iF i ilebih i ikecil i idari i iprobabilitas i iα i iyang i iditetapkan. i iDengan i idemikian, i inilai i iSig.F i i0,00 i i< i i0,05 i isehingga i imenunjukan i iadanya i ipenolakan i iterhadap i iH0 i idan i ipenerimaan i iterhadap i iH1. i iSementara i iitu i iNilai i iF-hitung i imenunjukan i iangka i i85,749 i iyang i ilebih i ibesar i idari i iangka i iF-tabel i iatau i i85,749 i i> i i3,12. i iBerdasarkan i ihasil i iuji i isimultan i idi i iatas, i imaka i idinyatakan i ibahwa imotivasi idan idukungan iorang itua isecara i isimultan i iberpengaruh i iterhadap iminat imelanjutkan ike iperguruan itinggi idi iSMA iNegeri iParengan


Keywords


Motivasi, dukungan orang tua, melanjutkan ke perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2013. Pembelajaran Saintifik untuk mplementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Arifin, Zaenal. Metodologi Penelitian Filosofi, Teori Dan Aplikasinya. Surabaya:Lentera Cendekia, 2008.

Anita Lie. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia 2002

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2006

Bahri Syaiful, Dajamarah, Rahasia sukses Belajar,Jakarta:PT Rineka Cipta, 2000

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembalajaran. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2009.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005

Supardi. Penelitian Tindakan Kelas, 2006, Jakarta, Bumi Aksara.

Sadiman. Media Pendidikan . 2009, Jakarta, Rajawali Pers

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers, 2011, cet.ke-11,

Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 2009, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2013, Alfabeta.CV, Bandung.

Supardi. Penelitian Tindakan Kelas, 2016, Jakarta Bumi Aksara,

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdaka, 2010.

Sujarwo, Kartini. “Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia”, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol.1, No 2, November-Desember, 2014.

Samsiah. Permainan “Catch Me”Menstimulasi Perkembangan Anak”,Early Childhood Education Journal of Indonesia Vol.1 No.1, Desember-Januari 2018.

Suhada,Idad. Perkembangan Peserta Didik,Jakarta: B3PTKSM,2010.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional,Jakarta: BP Dharma Bakti,2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.