Analisis SWOT Untuk Pengembangan Usaha Home Industry Kerupuk Pasir Di Kecamatan Kepohbaru

Mochamad Choirudin Askafi, Ali Mujahidin, Rika Pristian Fitri Astuti

Abstract


Abstract

 In the era of globalization, business development is a challenge for business people, especially in the home industry sector which faces intense competition and various internal and external constraints. This research focuses on the business development strategy of the sand cracker home industry in Sumberoto Village, Kepohbaru Subdistrict, Bojonegoro Regency, East Java, using SWOT analysis. Through interviews and observations, it was found that despite offline marketing, the business still achieved significant profits thanks to high product quality and good distribution. However, constraints such as lack of innovation and price stability of raw materials require specific strategies. SWOT analysis shows that strengths and opportunities can be utilized to overcome weaknesses and threats, with strategies such as improving product quality and utilizing information technology. The results of this study found 4 strategies, namely (1) SO (Strength-Opportunity) strategy: Improve the quality of product taste, expand marketing and promotion, and utilize information and communication technology. (2) WO (Weakness-Opportunity) Strategy: Improve the quality of product taste to increase competitiveness and utilize information and communication technology for marketing and promotion. (3) ST (Strength-Threat) Strategy: Improve product taste quality to retain customers and take advantage of strategic locations to increase market reach. And (4) WT (Weakness-Threat) strategy: Improve product taste quality to minimize the impact of seasonal or weather factors and expand product marketing and promotion to increase sales in the off-season.

 

 Abstrak 

Dalam era globalisasi, pengembangan usaha menjadi tantangan bagi pelaku bisnis, terutama di sektor home industry yang menghadapi persaingan ketat dan berbagai kendala internal serta eksternal. Penelitian ini fokus pada strategi pengembangan usaha home industry kerupuk pasir di Desa Sumberoto, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, dengan menggunakan analisis SWOT. Melalui wawancara dan observasi, ditemukan bahwa meskipun pemasaran dilakukan secara offline, usaha ini tetap meraih keuntungan signifikan berkat kualitas produk yang tinggi dan distribusi yang baik. Namun, kendala seperti kurangnya inovasi dan stabilitas harga bahan baku memerlukan strategi khusus. Analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan dan peluang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahan dan ancaman, dengan strategi seperti peningkatan kualitas produk dan pemanfaatan teknologi informasi. Hasil penelitian ini ditemukan 4 strategi yaitu (1) Strategi SO (Strength-Opportunity): Meningkatkan kualitas rasa produk, memperluas pemasaran dan promosi, serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (2) Strategi WO (Weakness-Opportunity): Menaikkan kualitas rasa produk dalam menaikkan daya saing serta menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pemasaran dan promosi. (3) Strategi ST (Strength-Threat): Meningkatkan kualitas rasa produk untuk mempertahankan pelanggan dan memanfaatkan lokasi yang strategis untuk meningkatkan jangkauan pasar. Dan (4) Strategi WT (Weakness-Threat): Meningkatkan kualitas rasa produk untuk meminimalkan dampak faktor musim atau cuaca dan memperluas pemasaran dan promosi produk untuk meningkatkan penjualan di musim sepi.

 

 


Keywords


Pengembangan usaha, Home industry, Analisis SWOT

References


Afridal, Muhammad. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. (Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Almuslim).

Agustin, D. 2020. Mengajar Sains dengan Permainan. Bandung: Tata Akbar.

Andika, R., dkk. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Mikro Pada Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi Islam Al-Sharf Vol 1 No 1, 16–22.

Atmayanti, T., & Andiana, B. D. L. (2021). Strategi Pengembangan Home Industry Era New Normal Pandemi Covid 19 Dalam Meningkatkan Pendapatan (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama (KUBE)“Arjanjang” Desa Selebung Ketangga, Kabupaten Lombok Timur). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 5(1), 76–89.

Daulay, R., Kurnia, E., & Maulana, I. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 209–218.

Hidayati, Ulfa. 2018. Penerapan Analisis SWOT Sebagai Pengembangan Usaha Dalam Prespektif Ekonomi Islam. Skripsi, 4-5.

Hidayat, Taufiq, Rika Pristian Fitri Astuti, and Ali Mujahidin. 2022. “Formulation a Strategy to Increase the Competitiveness of SMEs: A Case Study on the Industry of Batik Bojonegoro.” KnE Social Sciences 2022: 578–91.

Kaddas, F. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Sirup Pala Kie Raha di Kelurahan Ngade Kota Ternate. Techno: Jurnal Penelitian, 5(1), 53-61.

Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Saifudin Zuhri. 2013. Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Volume 2, Nomor 3, Desember.

Sari, Mutiara Inestya, Strategi Pengembangan Bisnis Baby Buncis (Phaseolus vulgaris L.) di Baby French Farmer Group, Kabupaten Babdung Barat, Bogor: Institut Pertanian Bogor, 2015

Maulana, Nanda 2019. Strategi Pengembangan Usaha Pengelohan Kopi Arabika Di CV Gayo Mandiri Coffee.

Widiasri, Dian. 2020. “Strategi Pengembangan Usaha Home Industry Rumah Lidi Desa Karang Tengah Cilongok Banyumas”. Skripsi, IAIN Purwokerto, Solo.

Wijaya, Tony. (2018), Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: PT.IndeksKurniawan, Anggoro Dwi dan Sri Rahayu Astuti., (2012). Analisis Pengaruh Produk, Promosi, Harga dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kedai Amata Semarang). Diponegoro Journal of Mnagement. Vol.1, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.