Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X-6 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Padangan
Abstract
Abstract
The aim of this research is to find out how project-based learning influences the learning outcomes of class X students at SMAN 1 Padangan. This research will use quantitative methodology. This study uses an ex post facto type of research. Students in class X-7 of SMA N 1 PADANGAN in the 2023–2024 academic year are the subjects of this research. This research data was analyzed using Microsoft Excel and the SPSS program. Using the hypothesis test and t test, this study found that tcount is greater than ttable, with a ratio of 4.148 greater than 1.691, and a significance level of 0.000 lower than 0.05, which indicates that H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore, student learning outcomes are influenced by project-based learning. This research shows that the use of project-based learning greatly influences the learning outcomes of class X students in economics subjects at SMA N 1 PADANGAN. This study serves as a reference for subsequent studies and research.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak metodologi pembelajaran berbasis proyek terhadap tujuan pembelajaran siswa kelas X SMAN 1 Padangan. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, metodologi penelitian ex post facto diterapkan. Populasi penelitian adalah siswa kelas X-7 SMA N 1 PADANGAN tahun ajaran 2023–2024. Microsoft Excel dan SPSS digunakan dalam analisis data penelitian ini. Uji t yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, menolak H0 dan menerima H1, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Perbandingannya 4,148 > 1,691 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 PADANGAN dijadikan sebagai kesimpulan penelitian terdampak secara signifikan oleh pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertindak sebagai panduan untuk penelitian tambahan maupun penelitian lanjutan di masa mendatang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL ( Project-Based Learning ). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Kemendikbud. (2019). Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikaNasional Pasal 1 Ayat 1. 2003. Http://Kemdikbud.Go.Id/.
Nasution; Mardiah Kalsum. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 1(9), 9–16.
Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191–205.
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project based learning dan Problem based learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. In Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.