Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Padangan

Amalia Elga Saputri, Ayis Crusma Fradani, Fruri Stevani

Abstract


Abstract

The objective of the project-based learning paradigm is to foster student autonomy in the classroom by engaging them in authentic real-world initiatives. This study aims to examine the influence of the Project based learning strategy on the acquisition of economics knowledge among students in grades X through 6 at SMAN 1 Padangan. This study technique employs a quantitative research strategy. The sample for this research consisted of 252 students in total. The sample for this research consisted of 36 students ranging from grades X to 6. The data analysis technique in IBM SPSS version 25 utilizes tests for normality, linearity, and hypothesis testing. The null hypothesis (Ho) is rejected because the calculated t-value (7.305) and significance value (0.000) from this study are both bigger than the corresponding values from the t-table (1.692 and 0.05, respectively). To summarize, the implementation of the Project based learning Method can have a favorable impact on student learning achievement.

 

Abstrak

Tujuan dari paradigma project based learning adalah untuk menumbuhkan kemandirian siswa di dalam kelas dengan melibatkan mereka dalam inisiatif dunia nyata yang otentik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi Project based learning terhadap perolehan pengetahuan ekonomi siswa kelas X sampai dengan kelas XII di SMAN 1 Padangan. Teknik penelitian ini menggunakan strategi penelitian kuantitatif. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 252 siswa secara keseluruhan. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 36 siswa mulai dari kelas X sampai dengan kelas 6. Teknik analisis data pada IBM SPSS versi 25 menggunakan uji normalitas, linearitas, dan uji hipotesis. Hipotesis nol (Ho) ditolak karena nilai t hitung (7,305) dan nilai signifikansi (0,000) dari penelitian ini lebih besar dari nilai t tabel (1,692 dan 0,05). Kesimpulannya, penerapan Metode Project based learning dapat memberikan dampak yang baik terhadap prestasi belajar siswa.

 


Keywords


Project based learning, Prestasi Belajar, Pelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL ( Project-Based Learning ). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Kemendikbud. (2019). Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikaNasional Pasal 1 Ayat 1. 2003. Http://Kemdikbud.Go.Id/.

Nasution; Mardiah Kalsum. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 1(9), 9–16.

Simamora, T., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 191–205.

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project based learning dan Problem based learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. In Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.