Strategi Guru Meningkatkan Disiplin Melalui Tata Tertib Sekolah
Abstract
Abstract
This research was motivated by the lack of level of discipline regarding school rules among grade 8 students at MTs N 3 Bojonegoro. This research aims to determine teacher strategies in improving discipline through school rules and regulations for grade 8 students at MTs N 3 Bojonegoro. This research uses a qualitative descriptive research model. The subjects of this research were the principal, class 8 teachers, class 8 students at MTs N 3 Bojonegoro. The data collection techniques used are interviews, observation, documentation. The data analysis techniques in this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that the strategies used by teachers, including through example, school regulations, habituation, punishment and rewards, can increase discipline, so that the teaching and learning process can run effectively and conducively.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya disiplin mengenai tata tertib sekolah pada siswa kelas 8 MTs N 3 Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan melalui tata tertib sekolah pada siswa kelas 8 MTs N 3 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan model penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas 8, siswa kelas 8 MTs N 3 Bojonegoro
.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi- strategi yang digunakan guru antara lain melalui keteladanan, peraturan sekolah, pembiasaan, hukuman dan penghargaan dapat meningkatkan kedisiplinan, serta menjadikan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan kondusif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. (2013). Pengembangan & pembelajaran dalam kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Fadhillah, A. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin. Padang: Universitas Negeri Padang
Hamdani. (2010). Strategi belajar mengajar. Bandung : Pustaka Setia. http://pesona pintar.Blogspot.com/2011/10/tujuan-disiplin-sekolah-adalah-1html.
Kartikowati, E.,&Zubaedi. (2020). Pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia dini dan dimensi-dimensinya. Jakarta: Pranadamedia Group.
Khairani. (2019). Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib melalui layanan penguasaan konten dengan menggunakan Teknik modelling pada siswa SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2019/2020. Skripsi. Medan Sumatera Utara: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Majid, A (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mubarok, H. (2009). Manajemen strategi. Kudus: STAIN
Musfidah,N.(2014). Pelaksanaan pembinaan akhlak dalam menanggulangi pelanggaran tata tertib sekolah dikelas 8 SMP Wachid Hasyim 2 Surabaya. (http://digilib.uinsby.ac.id)
Nurhani,Y.D,dkk. (2023). Strategi guru meningkatkan nilai karakter disiplin melalui tata tertib sekolah pada siswa kelas 7 SMP Negeri 18 Surakarta tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Global Citizen, 12.(2), 99-111. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/
Prof.Dr.H.Kaelan,M.S. (2012). Metode penelitian kualitatif interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma 2012.
Salim, M.H, & Kurniawan, (2012). Studi ilmu pendidikan islam. Yogyakarta: Ar-ruzz Media. Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran. Jakarta: Pernadamedia Group.
Sinungan, M. (2014). Produktivitas apa dan bagaimana. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.