Implementasi Pendidika Karakter Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasionall
Abstract
Abstract
Character education has regained public attention recently, though many portray it as a novel concept. The Law No. 20 of 2003 on National Education System defines education as the process of developing students' potential holistically, encompassing spiritual, emotional, social, intellectual, and practical skills. This study aims to examine the implementation of character education in accordance with the law. Employing empirical legal research with a field study approach, the findings reveal that Law No. 20 of 2003 incorporates character values aimed at nurturing potential and shaping dignified Indonesian individuals with integral personalities who uphold cultural values.
Abstrak
Pendidikan karakter telah menjadi topik yang kembali menarik perhatian publik belakangan ini. Meskipun banyak pihak mempromosikannya seolah-olah merupakan konsep baru. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mendefinisikan pendidikan sebagai proses pengembangan potensi peserta didik secara holistik meliputi aspek spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan keterampilan praktis yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pendidikan karakter sesuai dengan Undang- undang. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum empiris dengan metodologi studi lapangan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa UU No.20 Tahun 2003 memuat nilai-nilai karakter yang bertujuan mengembangkan potensi dan membentuk manusia Indonesia yang bermartabat, memiliki kepribadian yang utuh, serta menjunjung tinggi nilai budaya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnawi dan M. Arifin. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2012.
Doni Koesoema, Albertus.Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius. 2012.
Dwiyanto, Djoko. Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. Yogyakarta: Ampera Utama. 2012.
Handoyo, Eko dan Tijan. Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: Widya Karya Press. 2015.
Heru Ismaya, Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Pembentuk Politik Hukum dalam Penerapan Perkawinan Beda Agama, Jurnal Civic Education And Sosial Science Journal ( CESSJ ) Sinta 5, Sukooharjo, Vol. 6 Nomer 1 Tahun 2024
Muniroh, 2019, Sistem Pendidikan Nasional, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Kholidah, Neneng Rika Jazilatul. "Eksistensi Budaya Lokal Sebagai Penguat Nasionlisme." (2020).
Kholidah, Neneng Rika Jazilatul. "Analisis Permasalahan Mahasiswa Program Studi PPKN Dalam Mengikuti Praktik Pemahaman Hukum." Journal Civics and Social Studies 4.2 (2020): 40-46.
Kesuma, Dharma dkk. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah,Bandung: Remaja Rosda Karya. 2012.
Maksudin. Pendidikan Karakter Non Dikotomik. Yogyakarta: PustakaPelajar. Mastuhu, 2013, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, Yogyakarta: Safiria Ingaria Press.
Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ampera Utama. 2012. Meleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002.
Mukhtar dan Erna Widodo. Konstruksi Kearah Penelitian Deskriptif. Yogyakarta: Auyrous. 2000.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.
Narwanti, Sri. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia. 2011
Samani, Muchlas. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2013.
Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju. 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009. Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2010.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter Konsepsi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media. 2016 Lickona, Thomas. Educatin For Karakter. Jakarta. Bumi Aksara. 2013
Monawati. Hubungan Disiplin terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Volume 1. No Jurnal Ilmiyah Mahasiswa Prodi PGSD. 2016
Mukmin, Fatchul. Pendidikan Karakter Kontrusi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media. 2016
Nur Anisah, Efek Tayangan Pornografi di Internet pada Perilaku Remaja di Desa Sukamaju Kecamatan Tenggarong Seberang. Volume 4. No.1, eJurnal Ilmu Komunikasi. 2016
Nurul Hidayah. Penananaman Nilai Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Volume 2. No 2. Jurnal Terampil. 2015
Sugeng Haryono. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Volume 3. No. 3 Jurnal Imiah Pendidikan. 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.